Chipset Masih Langka, Sony Hentikan Pesanan Produk Kamera

by -
ZV E10
ZV E10

Timika, fajarpapua.com – Kelangkaan Chipset hingga kini masih menjadi pukulan berat untuk perusahaan teknologi. Tak luput juga perusahaan raksasa asal Jepang seperti Sony. Kelangkaan chipset ini akibat dari pandemi Covid 19 dan berakibat berhentinya produksi dan pengiriman chipset.

Akibat hal ini, Sonu mengumumkan akan menghentikan produksi beberapa produk kameranya. Tak hanya produksi,Sony juga akan menghentikan sementara pesanan dari produk tersebut. Salah satunya adalah Sony seri A dan seri ZV-E10.

Dikutip dari media Ubergizmo, pihak Sony akan menunda produksi komponen terkait produk digital mereka.

Hal ini dikarenakan dampak negatif dari pendemi yang mengakibatkan langkanya produk semikonduktor secara Global.

Dalam pengumuman tersebut pihak Sony juga menunda order atau pesanan dari berbagai distributor dan pengguna. Karena beberapa model produk mempunyai pasokan komponen yang terbatas.

Produk Sony yang Terhenti Produksinya

Selain ZV-E10, di bulan November kemarin Sony juga sudah menunda produk kamera dari seri A7 mark II, A 1600 dan seri A6400, A6600, Sony A7C dan A6100.

Kamera Sony A9 juga tak luput dari dampak kelangkaan chipset. Hal yang sama juga dialami produk A7R mark II mereka.

Namun untuk A7 mark II cukup wajar dihentikan karena sudah enam tahun lalu sejak diluncurkan produk tersebut.

Bahkan untuk A7R mark II ini juga sudah tidak tersedia di Online Shop. Jika dibandingkan dengan penerusnya yang memiliki performa yang lebih mumpuni dan hasil yang sangat baik.

Selain kamera, pihak Sony juga menghentikan produk digital imajinya yang lain yakni handycam HDR-CX680 dan PXW Z190. Produk shotgun microfon ECM-B1M juga tertunda.

Tidak hanya Sony, di bulan Juni kemarin, Perusaah Digital Canon juga mengumumkan akan menunda pesanan beberapa produk mereka hingga 6 bulan. Produk mereka yang tertunda yakni EOS R3.

Di lain pihak, Nikon juga resmi mengumumkan memberhentikan kamera Z7 dan Z7 mark II-nya dikarenakan kelangkaan suku cadang. Selain kamera Nikon juga menghentikan adaptor AC seri EH-7P.

Berita penundaan juga diumumkan oleh Fujifilm, mereka menunda pesanan untuk produk X-S10 dan beberapa suku cadang kamera di awal tahun depan.

INDONESIA BASKETBAL FESTIVAL - MIMIKA SERIES