BERITA UTAMAMIMIKA

Tidak Miliki Surat Kir, 40 Angkutan Umum dan Barang Terjaring Razia Gabungan

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
3
×

Tidak Miliki Surat Kir, 40 Angkutan Umum dan Barang Terjaring Razia Gabungan

Share this article
Beberapa kendaraan yang terjaring razia gabungan
Beberapa kendaraan yang terjaring razia gabungan

Timika, fajarpapua.com – Sebanyak 40 unit kendaraan angkutan umum dan angkutan barang terjaring razia gabungan yang digelar Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika dan Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Mimika di Bundaran SP2, Senin (7/2).

Kebanyakan kendaraan yang terkena razia diketahui tidak memiliki surat Kir yang menjadi salahsatu syarat kelaikan kendaraan.

ads

Kasi LLAJ dan MRLL, Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, Michael Orun Rumlus mengatakan sasaran razia adalah kendaraan angkutan umum dan barang yang beroperasi di Timika.

Kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari tersebut lanjutnya, difokuskan terkait kepemilikan surat KIR serta untuk mengecek overdimensi dan overload kendaraan.

“Ini harus kita lakukan, dari kementerian perhubungan juga sedang gencar melakukan pemeriksaan, dan mungkin nanti kedepan akan lebih terjadwal lagi,” ujarnya.

Dikatakan dari razia tersebut ditemukan fakta banyak kendaraan umum maupun barang di Timika yang belum melakukan uji Kir sebagaimana ketentuan yang ada.

Untuk memantau apakah kendaraan umum maupun barang yang belum melakukan Kir menurutnya sangat mudah diketahui karena bisa dilihat dari keterangan yang ada di bak mobil.

Namun sekarang lanjutnya, Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika sudah menerapkan uji Kir elektronik sehingga petugas dengan mudah langsung bisa mengetahui karena tinggal menggunakan scan barcode.

Sementara kendaraan yang terkena razia ujarnya langsung dibawa ke UPTD Uji Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika.

“Kita langsung arahkan pemilik untuk menindaklanjuti surat uji KIR. Ingat! uji KIR dilakukan setiap 6 bulan sekali dan itu wajib,” tuturnya. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *