BERITA UTAMAMIMIKA

PT. Freeport Bersama Komunitas Lakukan Aksi Bersih Kota Peringati HPSN

cropped cnthijau.png
6
×

PT. Freeport Bersama Komunitas Lakukan Aksi Bersih Kota Peringati HPSN

Share this article
Para peserta aksi bersih kota.
Para peserta aksi bersih kota.

Timika, fajarpapua.com – PT. Freeport Indonesia bersama komunitas dan pemuda Timika melakukan giat bersih kota dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap tanggal 21 Februari. Kegiatan yang diikuti sekitar 300 peserta itu dilakukan di area Pagar Kuning Jalan Bandara yang masih merupakan wilayah operasional PT. Freeport, selain itu juga dilakukan hingga ke Jl. Ahmad Yani dan Jalan Baru.

General Superintendent Reclamation, Biodiversity and Education PTFI, Roberth Sarwom mengatakan kegiatan yang dilakukan merupakan wujud kepedulian PT. Freeport Indonesia dalam membantu pemerintah untuk pengelolaan sampah.

ads

“Secara khusus hari ini yang terlibat kurang lebih ada 300 orang dibantu dari Pemda, Komunitas Kamgas, juga pemuda dari gereja,” ujarnya usai kegiatan, Sabtu (26/2).

Diharapkan untuk kegiatan seperti itu dilakukan tidak hanya sekali, namun juga dapat menggerakkan aksi-aksi peduli lingkungan untuk memerangi sampah.

“Setiap hari kita melihat di sepanjang jalan kota Timika ini penuh dengan sampah. Kita berharap dengan adanya kegiatan seperti ini bisa masyarakat menjadi sadar akan kebersihan lingkungan,” katanya.

“Kalau kita peduli dengan lingkungan maka kita bisa mengolah sampah dari diri kita dengan baik,” lanjutnya.

Dari hasil sampah yang berhasil dikumpulkan, sebanyak 1,5 ton sampah dengan jenis botol nantinya akan dibuat dan didaur ulang menjadi paving block.

“Untuk sampah yang non botol nanti akan dikelola Pemda yang menangani itu,” katanya.

Sementara Koordinator KamGas Aris Sampe Mambulu meminta dukungan dari masyarakat Timika, jangan hanya mengharapkan dari para komunitas.

“Masyarakat harus ikut peduli, bahkan dari RT pun harus ikut menggerakkan kegiatan seperti ini,” katanya.

Pihaknya juga berterima kasih kepada Environmental PT. Freeport Indonesia yang telah melakukan kegiatan seperti ini sehingga bisa memberikan contoh kepada masyarakat. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *