BERITA UTAMAMIMIKA

Freeport Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Kuala Kencana Contoh Kota Yang Hidup Harmonis Dengan Alam

cropped cnthijau.png
6
×

Freeport Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Kuala Kencana Contoh Kota Yang Hidup Harmonis Dengan Alam

Share this article
Word Environment Day PT Freeport Indonesia
Word Environment Day PT Freeport Indonesia

Timika, fajarpapua.com – Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada Tahun 2022 ini PT. Freeport Indonesia juga menggelar kegiatan dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di lingkungan Freeport tersebut rencananya dilaksanakan selama tiga hari mulai dari Jumat (10/6) hingga Minggu (12/6) yang dipusatkan di Memorial Park, Kuala Kencana yang ada disekitar Alun-alun Kota Kuala Kencana.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2022 ini mengambil Thema “Only One Earth” dan sub thema “Living Sustainably in Harmony with Nature.”

Senior Manager Enviromental PT. Freport Indonesia, Gesang Setyadi menyatakan, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2022 ini mengajak masyarakat untuk hidup harmonis dengan alam sekitar.

Dalam kesempatan itu, Gesang menyebutkan Kuala Kencana yang merupakan kota yang dikelolah oleh Freeport sebagai contoh kota yang hidup harmonis dengan alam.

Menurutnya, sebagai kota yang mandiri Kuala Kencana memiliki penataan lingkungan serta fasilitas yang baik termasuk sistem listrik bawah tanah serta memiliki manajemen drainase yang baik.

Selain itu sejak dibangun kondisi hutan alam yang ada di area Kota Kuala Kencana dan juga di Tembagapura juga masih asli seperti kondisi awal sehingga banyak satwa endemik yang masih berkeliaran.

“Kota Kuala Kencana, seharusnya bisa menjadi contoh bagi pengelolaan kota yang mengedepankan lingkungan,” jelasnya.

Selain itu Gesang juga menyampaikan, sebagai upaya mempertahankan lingkungan di area Freeport khususnya di Kuala Kencana dan Tembagapura pihaknya juga selalu mengajak masyarakat yang berkebun untuk menanam pohon kembali di area yang mereka tebang.

Sementara Direktur PT Freeport Indonesia, Claus Wamafma dalam kesempatan itu menyebut, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2022, menunjukan komitmen Freeport terkait pengelolaan lingkungan hidup.

“Operasi tambang (Freeport) saat ini telah memenuhi standar internasional yang salah satunya berkomitmen menjaga lingkungan hidup dan mengatasi dampak pemanasan global hingga Tahun 2030,” ujarnya.

Dirinya juga berharap seluruh divisi, departement serta stokeholder yang ada di Freeport bisa mengajak orang untuk mencintai lingkungan hidup.

Sementara itu, Asisten I Setda Mimika, Paulus Dumais mengatakan menjaga lingkungan hidup merupakan tanggungjawab bersama.

“Saya berharap agar peringatan hari lingkungan hidup tidak hanya sebagai acara seremonial tetapi mampu diimplementasikan dalam keseharian,” katanya.

Diisi Berbagai Kegiatan

Kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022 di lingkungan Freeport diisi dengan berbagai kegiatan baik yang dilakukan secara internal maupun dengan pihak lainnya.

Seperti diketahui dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2022, Divisi Lingkungan PTFI mengajak seluruh karyawan dan komunitas untuk mengambil bagian dalam berbagai agenda yang telah dipersiapkan.

Kegiatan Hari Lingkungan diantaranya Bersih Sungai di Kota Timika, Webinar tentang “Biodiversity di Area Kerja PTFI”, Talk-Show Eco-Enzyme, Bersih-bersih Basecamp Cartenz, Penanaman Mangrove di Muara Ajkwa serta Pameran Lingkungan oleh divisi atau departemen, privatisasi dan kontraktor.

Selain itu juga digelar Perlombaan Hari Lingkungan, Lomba Mewarnai untuk siswa Taman Kanak Kanak dan SD YPJ KK serta Tembagapura, Lomba “TikTok” dengan tema Lingkungan untuk umum Timika, Kuala Kencana dan Tembagapura, Lomba video daur ulang plastik bagi karyawan dan keluarga, Lomba peragaan busana dengan tema “Living sustainably in harmony with nature” untuk kategori umum Timika, Kuala Kencana dan Tembagapura.

Serta puncak perayaan hari lingkungan akan dilaksanakan di Memorial Park, Kuala Kencana pada 10, 11 dan 12 Juni 2022. (mas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *