BERITA UTAMAPAPUA

Datang dan Saksikan….KNPI Boven Digoel Selenggarakan Event Gebyar Pemuda Tahun 2022

cropped cnthijau.png
5
×

Datang dan Saksikan….KNPI Boven Digoel Selenggarakan Event Gebyar Pemuda Tahun 2022

Share this article
Wakili Bupati Boven Digoel, Asisten III Bid. Administrasi dan Umum, Marius Baterop didampingi Ketua KNPI Boven Digoel, Marthen Wambarop
Wakili Bupati Boven Digoel, Asisten III Bid. Administrasi dan Umum, Marius Baterop didampingi Ketua KNPI Boven Digoel, Marthen Wambarop

Boven Digoel, fajarpapua.com – Pemerintah Kabupaten Boven Digoel melalui Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Boven Digoel kembali menyelenggarakan event tahunan gebyar pemuda bersama KNPI.

Acara yang bertema, menata keharmonisan Digulis “Sa Jaga Ko, Ko Jaga Sa, Kita Baku Jaga,” itu dipusatkan di Pasar Sentral Km. 3 Boven Digoel yang secara resmi dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi dan Umum, Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Boven Digoel, Marius Baterop pada senin malam, (13/6).

ads

Ketua KNPI Kabupaten Boven Digoel, Marthe L. Wambarop kepada fajarpapua.com via telepon seluler mengatakan, event tahunan itu untuk mempersatukan seluruh komponen kaum muda dengan jiwa entrepreneurship di Kabupaten Boven Digoel yang akan berlangsung sejak kemarin (13/6 s/d 30/6).

“Pemuda memiliki banyak sekali potensi untuk dikembangan dalam rangka membina pemuda itu sendiri, juga untuk kemajuan Boven yang kita cintai bersama. Jadi mari, hadirlah dan ramaikan acara ini sampai akhir bulan,” ajak Marthen.

Dikatakan, yang melatarbelakangi terciptanya event ini ialah dengan melihat dinamika perkembangan kaum muda yang terkadang dianggap tidak bisa mandiri dalam menjalankan sesuatu. Pemuda terkadang dinilai lambat menciptakan peluang atau lebih berharap menunggu bantuan Pemerintah.

“Untuk itulah kami KNPI mengkoordinir seluruh pemuda serta semua kelompok usaha, baik dibawah naungan Pemda maupun kelompok pelaku usaha di masing-masing bidang,” pungkasnya.

Selain itu, Marthen menilai, event ini juga bertujuan menghidupkan kembali sektor swasta di Pasar Sentral Boven Digoel. Karena selama ini, pasar sentra terlihat biasa-biasa saja dan roda perekonomian tidak berpusat disana. Tentunya tambah Marthen, kebiasaan itu akan berdampak pada pendapatan asli daerah (PAD) perputaran perekonomian di Pasar.

Sehingga Marthen berharap agar semua kelompok usaha yang telah tergabung bersama panitia untuk bisa mewarnai dan mengisi setiap stand dengan berbagai produk kerajinan, inovasi-inovasi terbaru di setiap sektor usaha terutama pegiat usaha dikalangan orang muda.

Asisten III, Bidang Administrasi dan Umum Sekda Boven Digoel, Marius Baterop dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah mendukung penuh kegiatan gebyar pemuda bersama KNPI tahun 2020 ini.

Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan semangat dan sinergitas baru antara pemerintah daerah bersama pemuda, pegiat swasta untuk sama-sama membangun Boven Digoel.

“Terimakasih kami juga kepada semua warga kota Merauke, tamu dan para undangan yang hadir,” ucapnya dengan bangga.

Dirinya berharap agar selama dua pekan kedepan, seluruh warga dapat mengambil bagian pada event ini. Terutama lagi, tambahnya kepada pemerintah daerah melalui masing-masing OPD untuk memberikan informasi serta perkembangan terbaru mengenai pembangunan di segala sekotor di Boven Digoel kepada mereka yang berkunjung ke stand masing-masing.

“Akan ada juga setiap stand untuk masing-masing OPD. Warga boleh datang menyaksikan hiburan sekaligus bertanya – tanya seputar pelayanan di masing-masing OPD itu,” pungkasnya.

Pada acara pembukaan dimeriahkan Tarian Danda yang merupakan tarian adat masyarakat Muyu dari Distrik Mindip Tanah untuk penyambutan kepada Bupati Kabupaten Boven Digoel, yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Kabupaten Boven Digoel, Hengky Yaluwo serta para tamu undangan.

Selain itu, acara yang dipandu oleh Mc. Mba Boya dan Mba Hermin itu juga diisi oleh musisi grup band lokal, yakni Taram Band dengan lagu-lagunya yang menghibur warga kota bersejarah bagi Mantan Presiden RI, Ir. Sukarno itu.(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *