BERITA UTAMAMIMIKA

Akhir Bulan Ini Presiden Jokowi Kunjungi Timika? Kabarnya Resmikan 5G Mining System di Lingkungan Tambang Freeport

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
3
×

Akhir Bulan Ini Presiden Jokowi Kunjungi Timika? Kabarnya Resmikan 5G Mining System di Lingkungan Tambang Freeport

Share this article
IMG 20220615 WA0008
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana

Timika, fajarpapua.com– Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan kembali melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Papua.

Kunjungan kerja ke Provinsi Papua yang dijadwalkan pada akhir bulan Juni 2022 tersebut akan dilaksanakan di Kabupaten Mimika.

ads

Informasi yang diterima fajarpapua.com pada Selasa (14/6) malam menyebutkan, kunjungan Presiden Jokowi ke Kabupaten Mimika tersebut direncanakan pada akhir Juni 2022.

Selain Presiden Jokowi kabarnya sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju ikut dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Mimika.

Adapun informasi yang didapat menyebutkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri BUMN, Erick Tohir termasuk dalam rombongan tersebut.

“Khabarnya, Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Mimika pada 20 Juni atau 25 Juni mendatang,” ujar sumber saat ditemui fajarpapua.com.

Saat ditanya mengenai agenda kunjungan Presiden Jokowi ke Kabupaten Mimika, sumber tersebut menyampaikan kunjungan akan dipusatkan di Jobsite PT Freeport Indonesia di Tembagapura.

“Kabarnya Presiden Jokowi akan meresmikan dimulainya pengoperasian 5G Mining System di Lingkungan Tambang yang merupakan kerjasama antara Freeport dan PT Telkom,” ujarnya.

Terkait agenda Presiden Jokowi yang dikabarkan akan meresmikan 5G Mining System di Lingkungan Tambang Freeport ini juga diperkuat dengan informasi yang diterima fajarpapua.com yang menyebutkan saat ini Tim Tehnis dari PT. Telkomsel sedang berada di Tembagapura.

Tim dari PT Telkomsel tersebut sudah berada di Tembagapura sejak awal Juni 2022 lalu tengah menyelesaikan pemasangan peralatan pendukung serta memantapkan jaringan diseluruh area tambang Freeport yang nantinya akan beroperasi dengan menggunakan 5G Mining System.

Sementara sumber lain menyebutkan, dalam kesempatan itu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan yang juga Ketua Umum PB Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) juga akan mengunjungi Mimika Sport Complex (MSC).

Kunjungan Menteri Luhut dalam kapasitasnya sebagai Ketua Umum PASI, karena organisasi yang membawahi olahraga atletik tersebut akan menggunakan MSC sebagai lokasi training center (TC) atlit atletik junior.

Sinyal 5G Telkomsel Layani Freeport

Sementara dalam pemberitaan sejumlah media pada Maret 2022 lalu, Menteri BUMN Erick Thohir usai menghadiri peluncuran Indico, menyebutkan terus memperluas cakupan wilayah 5G di Indonesia.

Menteri BUMN Erick Thohir saat itu menyebutkan sinyal 5G akan tersedia di Lingkungan Tambang Freeport yang ada di Kabupaten Mimika.

“Telkom bersama Freeport akan meluncurkan 5G mining, mining pun pakai robotik,” ujar Erick di Jakarta, Kamis, 10 Maret 2022 seperti dikutip fajarpapua.com dari laman detik.com.

Seperti diketahui, Sejak diperkenalkan Mei 2021, Telkomsel terus memperluas jangkauan jaringan 5G komersial miliknya sampai ke beberapa kota di Indonesia.

Telkomsel sendiri menjadi operator seluler pertama yang menghadirkan layanan 5G komersial kepada masyarakat.

Hal ini usai Telkomsel mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). (mas/all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *