BERITA UTAMAMIMIKA

Tahapan Pemilu 2024 Dimulai, KPU Mimika Ajak Semua Bergandengan Tangan

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
4
×

Tahapan Pemilu 2024 Dimulai, KPU Mimika Ajak Semua Bergandengan Tangan

Share this article
IMG 20220615 WA0019
Para peserta mengikuti daring peluncuran tahapan pemilu bersama KPU RI

Timika, fajarpapua.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika menggelar nonton bersama secara daring peluncuran tahapan Pemilu 2024, Selasa (14/6) malam di Kantor KPU Mimika Jalan Hassanudin, Timika.

Kegiatan tersebut dilakukan berdasarkan Surat KPU nomor 443/PP.06-SD/09/2022 tanggal 10 Juni.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Peluncuran secara resmi dilakukan secara Nasional yang terpusat di KPU Republik Indonesia di Jakarta, ditandai dengan menekan sirene oleh seluruh anggota KPU RI, Ketua DPR RI Puan Maharani, Mendagri Tito Karnavian, Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono, serta Ketua DKPP Muhammad.

Dengan disaksikan oleh seluruh anggota KPU provinsi se-Indonesia, Kabupaten dan Kota secara daring bersama Forkopimda, Bawaslu, serta unsur pimpinan partai politik calon peserta pemilu.

Dengan demikian bahwa hari Rabu 14 Februari 2024 telah ditetapkan sebagai hari dan tanggal pemungutan suara Pemilu 2024.

Berdasarkan PKPU nomor 3 tahun 2022 sebagai landasan hukum dan sesuai pasal 167 ayat 6 UU 7 tahun 2017 tentang Pemilu bahwasanya tahapan Pemilu dimulai paling lambat 20 bulan sebelum pemungutan suara.

Ketua KPUD Mimika, Indra Ebang Ola memberikan apresiasi atas kehadiran unsur Forkopimda, Bawaslu, serta unsur pimpinan partai politik sebagai calon peserta Pemilu.

Indra juga mengatakan sesuai dengan penegasan yang telah disampaikan oleh KPU RI bahwa Pemilu merupakan salah satu sebagai area konflik bagi para peserta dalam memperebutkan kekuasaan, menjalankan kekuasaan serta mempertahankan kekuasaan.

“Itu semua upaya yang harus dilakukan dengan akhir kata mufakat dalam Bhinneka Tunggal Ika,” ujarnya.

Diharapkan dengan setelah menyaksikan bersama peluncuran tahapan pemilu 2024 dapat menjadi catatan bagi semua, baik dari peserta pemilu maupun komponen bangsa.

“Mulai hari ini mari kita bergandeng tangan bersama, karena KPU Mimika tidak bisa berjalan sendiri, kita rapatkan dan kembali buka komitmen kita untuk terus bangun Demokrasi serta tetap menjaga kualitas Demokrasi,” katanya. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *