BERITA UTAMAMIMIKA

Tiba di Mimika Anggota DPRD Puncak Bingung, Kantor Perwakilan OPD Tidak Jelas, Magai: Padahal Bupati dan Pejabat Tinggal di Timika

cropped cnthijau.png
5
×

Tiba di Mimika Anggota DPRD Puncak Bingung, Kantor Perwakilan OPD Tidak Jelas, Magai: Padahal Bupati dan Pejabat Tinggal di Timika

Share this article
Anggota DPRD Puncak, Pin Magai sedang memberi arahan saat pembagian bahan Sembako kepada pengungsi Puncak.
Anggota DPRD Puncak, Pin Magai sedang memberi arahan saat pembagian bahan Sembako kepada pengungsi Puncak.

Timika, fajarpapua.com – Eksodus besar-besaran masyarakat Kabupaten Puncak ke Kabupaten Mimika selama beberapa tahun terakhir akibat gangguan kamtibmas di wilayah itu, berdampak pada pelayanan pemerintahan.

Sebab, meskipun Bupati, Wakil Bupati Puncak, semua pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), anggota DPRD dan ribuan masyarakat Puncak tinggal di Timika namun keberadaan kantor perwakilan OPD Puncak di Timika tidak jelas.

ads

“Anggota DPRD yang tersisa di Puncak hanya satu orang saya sendiri, semua sudah pindah ke Timika. Bahkan bupati, wakil bupati, semua pimpinan OPD dan warga Puncak tinggal di Timika,” ungkap Anggota DPRD Puncak, Pin Penus Magai STh kepada fajarpapua.com di Timika, Kamis (16/6) di Timika Indah.

Namun, kata dia, yang menjadi persoalan saat ini, kantor perwakilan OPD Puncak di Kota Timika tidak jelas. Padahal ribuan warga Puncak yang diperkirakan mencapai 10 ribu orang saat ini tinggal di Timika.

“Kami urus data kependudukan di Puncak tidak jelas karena semua pimpinan OPD dan pegawainya sudah pindah ke Timika. Katanya mereka buka kantor perwakilan di Timika, tapi dimana?” tandas Magai.

Menurutnya, jika memang semua OPD Puncak membuka kantor perwakilan di Timika, mestinya harus ada plang papan nama dan lokasi yang jelas.

“Saya baru dua hari di Timika mau urus anak masuk SMA. Tapi kantor Dukcapil Puncak di Timika dimana? Saya seharian cari juga tidak ketemu. Coba dipasang papan kah, mau di hutan, di rumput atau di kota mestinya ada papan,” tukasnya.

Pin mengatakan, keluhan ini juga dialami warga lain yang hendak mengurus data kependudukan Puncak di Timika untuk keperluan anak sekolah.

“Urus KTP, akta kelahiran, dan lain-lain supaya anak masuk SD, SMP, SMA dan kuliah itu kami urus di Timika tapi kantor Dukcapil Puncak di Timika tidak jelas dimana,” bebernya.

Pin Magai, anggota DPRD Kabupaten Puncak dari Fraksi Gerindra itu meminta Pemda Puncak di Timika segera memikirkan untuk kepastian layanan OPD.

“Generasi ini mau kemana? Ada warga Puncak ada yang mengungsi ke Nabire dan Jayapura. Kita minta kepastian layanan kantor OPD di sini supaya tidak menyulitkan warga. Warga butuh kepastian kantor perwakilan Dukcapil, Bappeda, Keuangan, dan lain-lain,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, tokoh pemuda Puncak di Mimika Awen Magai mengemukakan, banyak warga Puncak pindah di Timika.

“Saya minta OPD Puncak yang buka perwakilan di Timika supaya kasih alamat yang jelas supaya tidak menyulitkan warga Puncak di Timika yang hendak mengurus data kependudukan,” tukasnya.(ana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *