BERITA UTAMAPAPUA

Pemprov Papua Upayakan Ada Dokter di Setiap Puskesmas

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
6
×

Pemprov Papua Upayakan Ada Dokter di Setiap Puskesmas

Share this article
20211129 113040 1
Kepala Dinas Kesehatan Papua Robby Kayame

Jayapura, fajarpapua.com -Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Kesehatan setempat mengupayakan adanya dokter di setiap puskesmas di Bumi Cenderawasih. 

​​​​​​Kepala Dinas Kesehatan Papua Robby Kayame di Jayapura, Sabtu, mengatakan program-program peningkatan sumber daya manusia (SDM) kesehatan diyakini dapat mengatasi keterbatasan tenaga dokter di daerah itu. 

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

“Berdasarkan data yang ada sekitar 60 persen puskesmas di Papua saat ini tidak memiliki tenaga dokter,” katanya. 

Menurut Robby, melalui beberapa program prioritas tersebut merupakan kerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam hal pembangunan Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Cenderawasih dan program beasiswa pada 2023. 

“Kami berharap dengan hadirnya RSP Uncen, anak-anak Papua bisa kuliah kedokteran di daerahnya dan tidak perlu keluar lagi,” ujarnya. 

Dia menjelaskan untuk program beasiswa dari Kemenkes ada pendidikan dokter umum dan dokter gigi bagi anak Papua pada 2023. 

“Kami bersama IDI Papua juga telah membangun kerjasama dengan Universitas Gadjah Mada dan Uncen untuk membuka kelas dokter spesialis di Papua pada Agustus mendatang,” katanya lagi. 

Dia menambahkan melalui program tersebut maka pada 2030 Uncen dapat memproduksi tenaga kedokteran sehingga Papua tidak mengalami kekurangan dokter.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *