BERITA UTAMAMIMIKA

Disdukcapil Mimika Sosialisasi dan Ujicoba Penerapan Aplikasi KTP Digital, Ini Kelebihannya Dibanding e-KTP…

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
14
×

Disdukcapil Mimika Sosialisasi dan Ujicoba Penerapan Aplikasi KTP Digital, Ini Kelebihannya Dibanding e-KTP…

Share this article
IMG 20220723 WA0033
Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Mimika, Slamet Sutejo

Timika, fajarpapua.com– Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika, akan segera melakukan aktivasi penerapan kartu tanda penduduk (KTP) digital pada Tahun 2022 ini.

Terkait hal itu, pada Senin (25/7) bertempat di Hotel Horison Diana akan dilakukan sosialisasi penerapan aplikasi identitas kependudukan digital atau dikenal dengan kartu tanda penduduk (KTP) digital.

ads

Sosialisasi SOP Pelayanan Adminduk dan Uji Coba KTP Digital yang rencananya dibuka Bupati Mimika tersebut diikuti oleh seluruh jajaran birokrasi di lingkup Pemerintah Kabupaten Mimika dan juga perwakilan masyarakat secara umum.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Mimika, Slamet Sutejo saat dihubungi fajarpapua.com, Sabtu (23/7) mengatakan kegiatan sosialisasi dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait dengan kebijakan administrasi kependudukan yang akan diterapkan pemerintah.

Dikatakan aplikasi identitas kependudukan digital atau KTP Digital ini sebagai salah satu upaya pemerintah memudahkan masyarakat dalam penggunanya.

“Apabila sudah memegang identitas kependudukan digital atau KTP Digital masyarakat yang akan berurusan dengan bank, BPJS dan kepentingan lainnya tidak perlu membawa fisik KTP, mereka tinggal melakukan pemindaian barkode yang ada,” jelasnya.

Selain itu dengan memiliki KTP Digital, Slamet Sutejo menerangkan dengan memiliki aplikasi kependudukan digital warga tidak perlu lagi menggandakan e-KTP sehingga lebih memudahkan masyarakat mendapatkan layanan atau transaksi ketika lupa membawa fisik KTP.

Mantan Kadistrik Tembagapura itu juga menerangkan, dalam KTP Digital tidak hanya Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terekam, melainkan juga semua transaksi yang dilakukan secara “online” juga bisa terdata didalamnya.

Misalnya, data kepegawaian, pajak, riwayat transaksi hotel restoran, bahkan riwayat kesehatan yang di aplikasi PeduliLindungi juga sudah lengkap.

Untuk mendapatkan aplikasi identitas kependudukan digital ini ujarnya, masyarakat sudah bisa melakukan aktivasi dengan mengunduh aplikasi Identitas Kependudukan Digital di play store maupun apps store.

“Kami juga menyiapkan tim teknis yang akan membantu masyarakat mendapatkan aplikasi tersebut, saat ini aplikasi identitas kependudukan digital sudah bisa diunduh melalui aplikasi pada umumnya,” tutupnya. (mas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *