BERITA UTAMAPAPUA

Lantik Pengurus KONI Kabupaten Jayapura, Kenius Kogoya: Siapkan Atlet Berbakat

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
6
×

Lantik Pengurus KONI Kabupaten Jayapura, Kenius Kogoya: Siapkan Atlet Berbakat

Share this article
IMG 20220923 WA0050
Foto: HSB Ketua KONI Papua saat melantik pengurus KONI Kabupaten Jayapura.

Jayapura,fajarpapua.com- Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua, Kenius Kogoya, pada Jumat (23/9) melantik dan mengukuhkan Pengurus KONI Kabupaten Jayapura masa bakti 2022-2026, yang dikomandoi Mathius Awoitauw yang juga Bupati Jayapura.

ads

Pelantikan pengurus KONI Kabupaten Jayapura ini berlangsung di Aula Kantor Bupati Jayapura, yang dihadiri oleh sejumlah pengurus KONI Provinsi Papua dan Kabupaten Jayapura.

Ketua KONI Provinsi Papua, Kenius Kogoya mengatakan, pembinaan prestasi olahraga saat ini menjadi program penting dari pemerintah pusat berdasar Perpres 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional yang muatanya adalah bagaimana pembinaan prestasi olahraga baik itu olahraga rekreasi, olahraga prestasi dan semua olahraga menjadi isu untuk kemudian dikerjakan.

“Di dalam UU ini sangat jelas sekali bagaimana pembinaan olahraga secara berprestasi dan berkelanjutan, itu menjadi tanggung jawab kita semua, dan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, tetapi juga pemerintah daerah wajib untuk mengalokasikan anggaran untuk pembinaan prestasi olahraga,”jelas Kenius Kogoya.

Oleh karena itu, ujar Kenius, pihaknya tidak ragu sedikit pun dalam pembinaan prestasi olahraga kedepan di Papua termasuk di Kabupaten Jayapura.

“Saya yakin dan percaya kabupaten Jayapura sebagai garda terdepan yang terus memberikan kontribusi besar dalam menyumbang atlet-atlet berprestasi yang mengharumkan nama daerah, tetapi juga nama nasional dan internasional,”katanya.

Kenius menjelaskan, bahwa dalam UU nomor 11 pemerintah hanya mengintruksikan dua cabang olahraga yang wajib dibina dalam standar nasional dan internasional setiap kabupaten,kota .

“Tapi saya lihat di Kabupaten Jayapura sudah lebih dari itu, meskipun dalam instruksi UU hanya dua. Memang masih ada beberap kabupaten di Papua ini belum aktif pembinaan olahraga, pada hal kita punya potensi yang luar biasa untuk olahraga yang belum digali dengan baik,”ungkapnya.

Untuk itu, kepada pengurus yang baru dilantik hari ini, agar dapat membantu ketua KONI dalam merancang pembinaan olahraga. Diharapkan pada pengurus yang baru dilantik agar jangan semangat hanya satu minggu saja setelah dilantik, setelah itu kendor atau semangatnya berkurang.

“Kami harapkan ini tidak terjadi di kabupaten dengan adanya kepengurusan yang baru dengan melibatkan semua elemen. Jadi atlit -atlit kita ini harus disiapkan termasuk pelatih-pelatihan yang handal dengan memberikan pelatihan pada mereka di setiap cabang olahraga yang ada di kabupaten ini,”tutur Kenius.

Sementara itu, Ketua KONI Jayapura, Mathius Awoitauw menyampaikan, KONI Kabupaten Jayapura tidak akan bermain-main dengan pengembangan dunia olahraga.

“Papua identik dengan olahraga, bapak gubernur juga sudah canangkan bahwa kita sedang menuju provinsi olahraga,”ujar Mathius Awoitauw.

Dengan komposisi seperti ini, KONI harus menggerakkan semua potensi yang ada di Kabupaten Jayapura untuk ditata menjadi sebuah kekuatan untuk olahraga, kejayaan di tanah Papua.

Menurut Mathius Awoitauw, Kabupaten Jayapura identik dalam penyumbang atlet terbanyak Papua pada PON XXI dan dari jaman ke jaman dalam olahraga di Papua.

“Kita adalah garda terdepan. Dalam PON di Papua kita penyumbang medali terbanyak karena itu kita harus menjadi pionir dan maju terus,”tambahnya.

Lanjut Mathius, melalui pelaksanaan Porkab II yang sudah dilaksanakan belum lama ini, dimana Kabupaten Jayapura sudah melibatkan semua atlet muda, meskipun belum sempurna, tetapi sudah dimulai pengembangan olahraga

“Kita harap Papua bisa menjadi andalah kedepan dengan adanya fasilitas yang luar biasa untuk pengembangan olahraga di Papua dan tidak kalah dengan daerah lain. Fasilitas olahraga yang bertaraf Internasional maka bisa juga menghasilkan altet olahraga yang bertarap internasional dengan fasilitas yang ada,”katanya.

Dengan pelaksaan Forkab tersebut, kata Mathius, Kabupaten Jayapura telah mempunyai data atlet -atlet yang hebat , dan ini akan menjadi program utama KONI yang baru dilantik perioden ini, dalam mempersiapkan altelt yang sudah ada di Kabupaten Jayapura.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *