BERITA UTAMAPAPUA

Pemprov Papua Berharap Hibah Venue PON Dorong Prestasi Olahraga

cropped cnthijau.png
8
×

Pemprov Papua Berharap Hibah Venue PON Dorong Prestasi Olahraga

Share this article
IMG 20220927 WA0129
Sekretaris Daerah Provinsi Papua Ridwan Rumasukun (ketiga dari kiri) foto bersama setelah penandatanganan dokumen hibah venue PON

Jayapura, fajarpapua.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengharapkan setelah menghibahkan venue PON kepada pemerintah kabupaten dan kota di wilayah itu, akan dapat mendorong prestasi olahraga di Bumi Cenderawasih tersebut.

Sekretaris Daerah Provinsi Papua di Jayapura, Selasa, mengatakan penyerahan venue PON kepada pemerintah kabupaten/kota maupun instansi pemerintah, dunia pendidikan dan lembaga keagamaan sangat penting guna mendukung dan mengembangkan semangat olahraga untuk mencapai prestasi di kalangan masyarakat maupun atlet.

ads

Menurut Ridwan, venue PON dan Peparnas yang dihibahkan merupakan monumen yang bersejarah di mana arena pertandingan tersebut telah menjadi saksi bagaimana Papua mampu menunjukkan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahkan dunia internasional mampu menyelenggarakan ajang olahraga berskala nasional.

Dia menjelaskan kini pihaknya sedang berupaya untuk Papua ditetapkan sebagai provinsi olahraga di mana dengan hasil yang menggembirakan pada PON XX dan Peparnas XVI 2021 serta telah tersedianya roadmap ajang olahraga di Bumi Cenderawasih serta kajian akademik kelayakan Papua sebagai provinsi olahraga.

“Maka saat ini kami sedang mendorong agar penyataan Presiden Joko Widodo bahwa Papua adalah Provinsi Olahraga dapat dituangkan dalam satu regulasi khusus dari pemerintah,” katanya.

Dia menambahkan regulasi ini penting agar dalam proses pengembangan keolahragaan di Papua pihaknya dapat menyusun rencana yang berkelanjutan.

“Sehingga segala sumber daya yang dimiliki baik oleh pemerintah, pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota dapat mengacu pada sebuah rencana jangka panjang yang sasarannya adalah melahirkan atlit berprestasi dari Tanah Papua,” ujarnya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Alexander Kapisa mengatakan venue PON yang dihibahkan dibangun menggunakan dana APBD Provinsi Papua pada saat persiapan pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI 2021.

Dia menjelaskan venue PON yang dihibahkan yakni voli indoor dan voli pasir kepada Polda Papua, softball dan baseball, Lapangan Rugby dan Menembak Outdoor kepada Pangkalan TNI Angkatan Udara Silas Papare.

“Kemudian GOR Futsal SP2 kepada Pemerintah Kabupaten Mimika, Lapangan Tennis Wali Kota kepada Pemerintah Kota Jayapura, Lapangan Softball dan Basebal serta GOR Trikora kepada Universitas Cenderawasih dan GOR STT GIDI kepada Sekolah Tinggi Theologia Gereja Injil DI Indonesia (GIDI),” katanya.

Penyerahan delapan venue PON yang masing-masing dihibahkan kepada Pemerintah Kabupaten Mimika, Pemerintah Kota Jayapura, Polda Papua, Lanud Silas Papare, Universitas Cenderawasih dan Sekolah Tinggi Theologia GIDI berlangsung di salah satu hotel di Kota Jayapura, Selasa (27/9).(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *