BERITA UTAMAPAPUA

Peredaran Narkoba di Kalangan Pelajar Jadi Atensi BNNP Papua Barat

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
3
×

Peredaran Narkoba di Kalangan Pelajar Jadi Atensi BNNP Papua Barat

Share this article
IMG 20220929 200057
Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Papua Barat, Brigjen Pol Heri Istu Hariono

Manokwari, fajarpapua.com – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Papua Barat menyatakan peredaran narkoba di kalangan pelajar di daerah itu menjadi atensi institusinya dan butuh komitmen semua pihak dalam upaya penyelamatan generasi penerus bangsa. 

“Butuh komitmen dan penanganan bersama, karena peredaran narkoba tidak saja di kalangan orang dewasa, tapi sudah melibatkan pelajar,” kata Kepala BNNP Papua Barat Brigjen Pol Heri Istu Hariono di Manokwari, Kamis.

ads


 Ia mengatakan BNNP Papua Barat sedang melakukan pengembangan satu kasus dugaan keterlibatan pelajar setelah menerima aduan dari salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Manokwari.

 “Belum lama ini BNNP menerima pengaduan. Setelah dilakukan penelusuran ke sekolah tersebut ,didapatkan salah seorang siswa SMP terlibat sebagai kurir ganja,” kata Heri. 

Mantan Direktur Reserse Narkoba Polda Sumatera Selatan ini mengatakan dengan satu kasus tersebut, mengindikasikan bahwa peredaran narkoba di kalangan pelajar tidak boleh disepelekan, perlu pendekatan serius guna mencegah hal itu terjadi di kalangan pelajar lainnya. 

Ia menjelaskan modus peredaran narkoba di kalangan pelajar tidak dalam paket besar, diedarkan dalam bentuk lintingan sekali pakai dengan harga jual yang dapat dijangkau, dan dijual ke teman-temannya di lingkungan sekolah. 

“’Kalau pelajar SMP, dia tidak menjual ke pelajar SMA, tapi menyasar teman-teman sebaya di sekolahnya,” ujar Heri. 

Sebagai langkah pencegahan, sebut Heri, BNNP bersama pegiat antinarkoba di daerah itu terus melakukan sosialisasi pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) di sekolah dan kelompok masyarakat.

 Ia berharap peran aktif orang tua agar memberikan perhatian serius terhadap pergaulan anak ketika berada di luar jam sekolah serta selalu membangun komunikasi positif tentang bahaya narkoba bagi kesehatan. 

“Peran aktif orang tua sangat dibutuhkan dalam membina kebiasaan anak ketika berada di lingkungan keluarga agar tidak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba maupun zat adiktif lainnya,” ujar Heri.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *