BERITA UTAMAPAPUA

Hadiri Peringatan Maulid Nabi di Kota Kepi, Penjabat Bupati Mappi Ajak Umat Islam Teladani Nabi Muhammad SAW

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
5
×

Hadiri Peringatan Maulid Nabi di Kota Kepi, Penjabat Bupati Mappi Ajak Umat Islam Teladani Nabi Muhammad SAW

Share this article
IMG 20221016 WA0075
Foto: Istimewa Penjabat Bupati Mappi, Michael R Gomar saat memberikan sambutan dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Raudhatul Jannah Kepi.

Mappi, fajarpapua.com- Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar S.STP. M.Si mengajak Umat Islam selalu meneladani Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Hal itu ditegaskan Pj. Bupati Mappi saat menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang ke 1444 Hijriah yang berlangsung di Masjid Raudhatul Jannah, Kepi, Minggu (16/10).

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dihadiri ratusan umat muslim di Kota Kepi dan sekitarnya menghadirkan Ustadz H. Muhammad Tahir Sulaiman LC dari Timika.

Penegasan Pj. Bupati Mappi tersebut sebagaimana Thema peringatan Maulid Nabi SAW yakni “Melalui teladan Nabi Muhammad SAW, kita tingkatan solidaritas antar umat beragama dan tingkatkan rasa peraudaraan kesatuan bangsa”.

Pj. Bupati Mappi mengatakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu momen penting bagi umat muslim karena momen tersebut menandai perubahan peradaban, dari zaman jahiliah menuju zaman kejayaan dengan lahirnya utusan terakhir sekaligus penyempurna ajaran nabi sebelumnya.

Nabi Muhammad SAW lanjutnya namanya selalu diagungkan, menjadi salah satu tokoh yang berpengaruh besar terhadap kemanusiaan dan peradaban dunia sekaligus juga jadi rahmat bagi seluruh alam semesta.

“Tidak heranlah jika kaum muslimin sekalian menjadikan sang pembawa risalah sebagai “role model” atau sebagai panutan dalam berkehidupan beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujar Pj. Bupati Mappi.

Kata Pj. Bupati Gomar begitu banyak kisah- kisah keteladanan sang junjungan yang telah diwariskan sehingga menjadi landasan ideal dalam ber-ketuhanan dan berperi kemanusiaan.

“Nabi Muhammad SAW bukan hanya sebagai pemimpin spiritual, melainkan juga seorang pemimpin pemerintahan, pemimpin yang selalu mengutamakan umatnya sampai akhir hayatnya, melampaui batas dimensi universal yang sudah ada,” tegasnya.

Mantan Sekda Kabupaten Mimika ini juga menerangkan, tema yang diusung hari ini sangat relevan dimana saat ini solidaritas, persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia tengah diuji dalam berbagai peristiwa dan kejadian yang bisa kita ikuti di berbagai media.

“Kita berharap kehidupan yang harmoni, tenteram dan damai yang sudah kita rasakan selama ini, selalu bisa kita jaga, rawat, pertahankan dan kita tingkatkan. Hal ini hanya bisa terwujud, bila semua elemen baik pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat mengambil peran melalui kerjasama,” urainya.

“Selaku pemerintah daerah, saya tetap berkomitmen penuh atas terselenggaranya pemerintahan umum, pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat serta peningkatan kualitas pelayanan yang kondusif, lebih khusus terhadap pembinaan kehidupan beragama. menjamin dan mendukung pelaksanaan kegiatan keagamaan dalam rangka membangun manusia Mappi yang religius dan berkarakter,” tambahnya.

Pj. Bupati Mappi juga mengungkapkan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah upaya bersama membangun kembali nilai – nilai semangat, karakter, keteladanan, kepedulian dan tali persaudaraan.

Hendaknya peringatan ini harap Pj. Bupati Mappi bisa dijadikan sebagai pijakan untuk menjadi pribadi yang lebih baik terlebih lagi saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya melaksanakan proses pembangunan di segala bidang.

Hal itu dilaksanakan guna melawan segala bentuk jurang pemisah mulai dari kesenjangan ekonomi, pendidikan, sosial, budaya sampai pada pemerataan pembangunan, yang sesungguhnya menjadi akar masalah penyebab konflik di beberapa daerah.

“Kita patut bersyukur bahwa daerah kita ini, sebelum saya hadir dan sampai saat ini tidak terjadi konflik horizontal bernuansa “sara”, sehingga nilai indeks toleransi kita sesuai dengan harapan pemerintah sekaligus motto daerah ini “usubi yohokuda takobayaman” yang berarti “damai bersehati dan saling melayani,” tegasnya.

Diakhir sambutannya Pj. Bupati Mappi menyampaikan lahir dan tularkanlah keteladanan yang baik sejak dini, sebagaimana yang telah dicontohkan Nabi Muhammad SAW dalam segala aspek dan di lingkungkungan manapun kita berada, karena hanya melalui keteladanan-lah yang kemudian akan menjadi warisan guna mewujudkan “Mappi Bisa – Mappi Bangkit.

Sementara itu Sekretaris PHBI Kabupaten Mappi, Sudarsono dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pj. Bupati Mappi dan semua pihak yang mendukung menyukseskan pelaksanaan kegiatan tersebut.

Ia mengatakan, Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini bertujuan untuk menampakkan kegembiran atas kelahiran manusia agung pembawa rahmat alam semesta.

“Untuk itu kita harus mencontoh dan meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW, paling tidak dengan menerapkan empat sifat yakni Shidik, Amanah, Fathanah, dan Tabligh. Supaya kita bersemangat dalam menjalankan dan menyiarkan ajaran Nabi Muhammad SAW terutama dalam menjalankan syariat agama Islam, seperti shalat 5 waktu, puasa dan segala kebaikan yang dianjurkan dalam ajaran Islam,” ungkapnya. (MPI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *