BERITA UTAMAMIMIKA

Hujan Deras Disertai Petir Berpotensi Terjadi di Timika Sore Ini

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
7
×

Hujan Deras Disertai Petir Berpotensi Terjadi di Timika Sore Ini

Share this article
IMG 20230124 WA0013
Prakiraan cuaca di Timika

Timika, fajarpapua.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Timika memprakirakan cuaca di Sore hari untuk wilayah Timika mengalami hujan dengan intensitas lebat.

Forecaster BMKG Timika Fitria Nur Fadhillah mengatakan bahwa dilihat dari sistem pemodelan dan data bahwa nanti sore Timika bakal diguyur hujan lebat.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

“Dilihat dari sistem pemodelan nanti sore berpotensi hujan lebat ada guntur, angin, biasanya kalau ada angin Cumulonimbus itu biasanya ada angin yang relatif kencang,” ujarnya kepada fajarpapua.com Selasa (24/1).

“Kalau kita lihat dari data data untuk tanggal 24 Januari ini pagi memang relatif berawan kita melihat dari faktor kelembaban udaranya. Nanti mulai tumbuh awan CB siang kemudian sore awan CB semakin matang berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan berpotensi ada angin kencang juga,” lanjutnya.

Sementara diperkirakan juga sekitar siang pukul 12.00 nanti sudah mulai ada hujan lokal di beberapa tempat.

“Nanti jam 12 siang sudah mulai ada hujan lokal di beberapa tempat, mungkin disuatu tempat awan yang melintas sudah matang, sudah jenuh sehingga kemudian dia turun menjadi hujan. Tapi di tempat lain belum, nah itu yang menyebabkan angin lokal,” katanya.

Sehingga pada sore hari awan Cumulonimbus (CB) telah mulai meluas sehingga berpotensi tidak lagi hujan lokal namun hujan yang melingkupi wilayah yang lebih luas.

“Kemudian pada malam harinya masih berpotensi hujan juga, dengan intensitas ringan hingga sedang. Dini hari nanti juga hujan sedang,” paparnya.

Sementara untuk di wilayah perairan Agats – Amamapare tinggi gelombang relatif aman dengan ketinggian 0.5 hingga 1.25 meter. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *