BERITA UTAMAPAPUA

Pelabuhan MAF di Kota Kepi Rampung Dikerjakan, Didesain Dengan Konsep Dermaga Apung

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
11
×

Pelabuhan MAF di Kota Kepi Rampung Dikerjakan, Didesain Dengan Konsep Dermaga Apung

Share this article
bfc251fd 2008 4021 9bcf 339463ff215f
Nampak dermaga apung yang dipasang di Pelabuhan MAF Kota Keppi, Kabupaten Mappi.Foto:MPI

Mappi, fajarpapua.com – Pembangunan Pelabuhan MAF yang terletak di Kota Kepi Kabupaten Mappi saat ini telah rampung dikerjakan.

Pembangunan pelabuhan ini bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) APBD Tahun Anggaran 2022 sudah mencapai 100 persen.

Ads

Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar kepada awak media, Selasa (31/1) menerangkan dengan usainya pembangunan Pelabuhan MAF rencananya akan diresmikan dalam waktu dekat ini.

Pelabuhan MAF ujarnya merupakan sentral pelabuhan bongkar muat serta sebagai pintu masuk ke Kota Keppi dari 14 distrik di Kabupaten Mappi.

PJ Bupati Mappi menerangkan pembangunan Pelabuhan MAF yang baru dibangun dengan konsep pelabuhan dermaga apung.

Model dermaga apung ini dinilai sangat sesuai dengan topografi perairan di wilayah itu karena kondisi dermaga tidak berpengaruh ketika air sungai mengalami pasang surut.

“Karena apabila air surut kubus apung ikut turun dan apabila air naik kubus apung juga ikut naik, sehingga memudahkan aktifitas maayarakat yang menggunakan transportasi sungai,” jelas Pj. Bupati Mappi.

Selain itu dengan kubus apung juga memiliki model dan warna yang cukup baik dan menarik.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mappi, Liberatus K. Kamogou menjelaskan, Pelabuhan MAF berbahan dasar kayu besi, dan pelabuhan ini terbuka untuk masyarakat umum.

Pihaknya berharap agar fasilitas yang disediakan oleh pemerintah daerah ini bisa dijaga secara bersama-sama sehingga bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Penjabat Bupati Mappi, karena beliau telah memberikan pikiran dan ide yang luar biasa untuk perbaikan Pelabuhan MAF ini,” ujarnya.

“Pelabuhan MAF saat ini menjadi ikon yang terbaik di Kota Keppi, karena dipasang dengan kubus apung serta memiliki warna yang unik dan berbahan kayu yang kuat,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu Liberatus menambahkan dalam APBD Tahun 2023, Pemkab Mappi melalui Dinas Perhubungan akan membangun jembatan kubus apung di Pelabuhan Distrik Venaha, Distrik Yakomi, Distrik Tizain, Kampung Yeloba, Kampung Konebi, Kampung Asset, Kampung Lingggua dan Kampung Senggo (Distrik Citak Mitak).

Sedangkan untuk pembangunan dermaga rakyat yakni diantaranya, Kampung Gayu Distrik Passue, pelabuhan rakyat di Kampung Mur Distrik Nambioman Bapai dan pelabuhan rakyat di Kampung Sumurraman Distrik Minyamur.(MPI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *