BERITA UTAMAPAPUA

Jamin Keamanan Penerbangan ke Yahukimo, Polri Diminta Bangun Pos Disekitar Bandara Nop Goliat Dekai

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
6
×

Jamin Keamanan Penerbangan ke Yahukimo, Polri Diminta Bangun Pos Disekitar Bandara Nop Goliat Dekai

Share this article
IMG 20230325 WA0027
Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri

 
Jayapura, fajarpapua.com- Pemda Yahukimo Papua meminta polisi membangun pos di sekitar Bandara Nop Goliat, Dekai.

Hal ini guna menghindari serangan Kelompok Kriminal Bersanjata (KKB) kepada maskapai penerbangan.

ads

Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri mengakui permintaan Pemda Yahukimo tersebut. Pos tersebut rencana dibangun di bagian selatan atau di ujung landasan. Sehingga jalur take off-landing aman.

“Insiden penembakan terhadap pesawat Boeing 737-500 milik Trigana diperkirakan berasal dari bagian selatan Bandara Not Goliat Dekai,” kata Irjen Pol. Fakhiri.

Kapolda mengakui, pihaknya sudah memberikan jaminan keamanan agar penerbangan komersial terjadwal dapat kembali beroperasi.

Polda Papua sudah menambah perkuatan dan akan kembali ditambah setelah Brimob Nusantara tiba di Jayapura.

“Sebanyak 140 personel Brimob Nusantara akan diperbantukan ke Papua, dan itu nantinya ditugaskan ke Dekai,” tutur Kapolda Papua Irjen Pol. Fakhiri.

Diakui, walaupun sudah ada penambahan personel TNI-Polri dan adanya jaminan keamanan. Namun dua perusahaan penerbangan yang melayani Jayapura-Dekai-Jayapura secara rutin atau terjadwal hingga kini belum beroperasi.

Selain memberikan jaminan keamanan kepada penerbangan, TNI-Polri juga meningkatkan patroli sehingga wilayah itu kembali kondusif.

“Mudah-mudahan setelah Brimob Nusantara tiba dan dikirim ke Dekai, maka operasional Bandara kembali normal,” ujarnya berharap.

Seperti diketahui sejak penembakan pesawat Boeing 737-500 milik Trigana ditembak KKB sesaat setelah take off atau tinggal landas dari Bandara Nop Goliat Dekai, Sabtu (11/3), penerbangan dari dan ke Yahukimo dihentikan sehingga membuat masyarakat resah. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *