BERITA UTAMAPAPUA

Jadi Pangdam Cendrawasih, Mayjen Izak Pangemanan Siap Ratakan KKB, Ini Sederet Pengalaman Tempurnya….

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
5
×

Jadi Pangdam Cendrawasih, Mayjen Izak Pangemanan Siap Ratakan KKB, Ini Sederet Pengalaman Tempurnya….

Share this article
IMG 20230506 WA0017
Pangdam XVII/Cendrawasih, Mayjen Izak Pangemanan

Jakarta, fajarpapua.com- Semangat menggebuh Pangdam XVII/Cendrawasih, Mayjen Izak Pangemanan, tak terbendung usai ditunjuk menggantikan Mayjen M Saleh Mustafa, untuk  memborbardir Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Tepancar wajah garang sosok Jenderal Kopassus bintang dua, Mayjen Izak Pangemanan, pasca ditunjuk Panglima TNI Laksamana Yudo Margoni sebagai Pangdam XVII/Cendrawasih Papua menggantikan Mayjen M Saleh Mustafa.

ads

Jenderal Kopassus bintang dua ini diyakini mampu memgambil alih dan menaklukkan KKB, yang saat ini masih melancarkan serangan kepada prajurit TNI dan Polri. 

Dikutip dari berbagai sumber, Jumat 5 Mei 2023, terlihat Mayjen Izak Pangemanan menyemangati prajuritnya yang akan pergi ke medan pertempuran menghadapi KKB.

Dengan pengalaman perang yang dinilai cukup tinggi, Mayjen Izak Pangemanan disebut-sebut mampu menaklukkan KKB dan menyelamatkan Pilot Susi Air Kapten Phillips Mark Mehrtens, yang hingga kini masih disandera kelompok Egianus Kogoya cs. 

Diketahui, Mayjen Izak Pangemanan mempunyai pengalaman panjang dalam penugasan di Papua. Baku tembak yang terjadi di wilayah yang pernah dipimpinnya tersebut, bukan jadi hal asing.

Hal itu lantaran Mayjen Izak Pangemanan pernah menjabat Komandan Korem (Danrem) 172/Praja Wira Yakthi Kodam XVII/Cenderawasih pada 2020-2022, sebelum digantikan Brigjen Juinta Omboh Sembiring.

Dikutip dari laman tni.mil.id, sebelumnya Mayjen Izak Pangemanan menduduki posisi sebagai Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Kas Kogabwilhan III).

 Izak merupakan abituren Akademi Militer (Akmil) 1990 dari dari kecabangan Korps Perhubungan, dan selanjutnya mengikuti kecabangan Infanteri (Kopassus).

Mayjen Izak Pangemanan merupakan jenderal Kopassus bintang dua yang kenyang di medan pertempuran. Salah satunya di Timor-Timur (Timor Leste) saat dia ditugasi sebagai Satgas IX Tim-Tim tahun 1992 dan Satgas XII Tim-Tim tahun 1995.

Izak pernah menjabat sebagai Komandan Batalion 32 pada Grup 3/Sandhi Yudha Kopassus. Kemudian Wakil Komandan Grup 3 Kopassus/Sandhi Yudha Kopassus dan Komandan Grup 3/Sandhi Yudha Kopassus.

Selain itu, saat menjabat Komandan Komando Resor Militer 172 Praja Wira Yakthi, Izak pernah dilibatkan dalam sejumlah operasi di Papua seperti Satgas Tribuana Irian Jaya, Satgas BAN-5 Papua, Satgas BAN-10 Papua, Satgas BAN-11 Papua, dan Koordinator Daerah (Korda) Papua Kementerian Pertahanan (Kemhan). (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *