BERITA UTAMAPAPUA

Ribuan Orang Hadiri Penutupan Festival BMW 2023

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
7
×

Ribuan Orang Hadiri Penutupan Festival BMW 2023

Share this article
IMG 20230711 WA0010
Penutupan Festival Biak Munara Wampasi 2023

Biak, fajarpapua.com- Luar biasa. Pemandangan sesak dengan ribuan orang memadati sepanjang pantai eks BMJ pada acara rangkaian kegiatan Festival Biak Munara Wampasi (FBMW), di Dermaga Ex BMJ Biak, akhir pekan lalu.

Suasana mendung dengan hujan rintik-rintik tak membuat warga Kota Biak dan sekitarnya di sepanjang pantai eks Dermaga BMJ beranjak dari tempatnya menyaksikan hiburan rakyat yang menampilkan atraksi seni budaya Biak (Papua), penampilan artis-artis lokal Papua (Trio SWAT dan lainnya) dan artis luar Papua (Mitha).

ads

Festival BMW 2023 ditutup dengan resmi oleh Bupati Biak Numfor Herry A. Naap.

Festival Biak Munara Wampasi 2023 dan sejumlah kegiatan lainnya merupakan rangkaian even dalam rangka menuju Sail Teluk Cendrawasih pada tanggal 1 – 7 November 2023 mendatang yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo.

Dalam kesempatan itu, Bupati kembali menegaskan, bahwa selain sebagai ajang untuk menjaga kearifan lokal, Festival BMW juga sebagai bagian yang tak terpisahkan dari upaya mempromosikan daerah sekaligus mendorong pertumbuhan UMKM di masyarakat.

“Membangun Biak Numfor tidak bisa dilihat dari satu sisi saja, kita harus melakukan berbagai upaya. Kita perlu mendorong potensi-potensi yang kita miliki, kita perlu menyakinkan orang luar bahwa kita punya potensi dan daya tarik, dan sejumlah lainnya,” kata Bupati yang akbrab disapa dengan HAN ini.

“Sejak di launching pada Februari 2023 lalu, kami terus laksanakan Festival dimana lewat berbagai even yang dilaksanakan, kami mencoba merancang program bagaimana membangun Biak Numfor melalui program yang ada,” kata buoati

Dikatakan juga bahwa, even – even festival yang dilakukan dengan mendorong investor untuk masuk ke Biak adalah bagian dari strategi percepatan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Ketika kita melaksanakan festival di Biak mejadi daya tarik tersendiri di Biak maka orang akan datang ke Biak,” ungkapnya

Selain itu, Bupati Herry Naap juga menambahkan, Festival yang dilakukan adalah bagian dari strategi untuk terjadi perputaran ekonomi agar ekonomi kerakyatan meningkat.

Terkait dengan itu, mengajak semua pihak untuk bersama – sama punya satu persepsi bahwa festival yang dilakukan dalam rangka menuju STC adalah bagian dari program percepatan pembangunan infrastruktur, ekonomi tetapi juga bagian dari program prioritas untuk mempertahankan kearifan lokal, potensi daerah yang kita tingkatkan sehingga menciptakan peluang bagi kesejahteraan masyarakat.

Penutupan FBMW 2023 diisi dengan berbagai penampilan dari berbagai artis baik lokal maupun artis dari luar Biak, seperti SWAT dan Mitha Talahatu yang turut hadir dalam penutupan FBMW 2023.

Selain itu juga penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba yang telah dilaksanakan dalam rangka FBMW. Usai menutup FBMW, Bupati Herry Naap sekaligus juga me launching Festival Harmoni Biak yang rencananya akan digelar pada bulan Agustus mendatang. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *