BERITA UTAMANASIONAL

35 Tahun Mengabdi, Kathleen Quirk Gantikan Richard Adkerson Sebagai CEO Freeport McMoran

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
1707
×

35 Tahun Mengabdi, Kathleen Quirk Gantikan Richard Adkerson Sebagai CEO Freeport McMoran

Share this article
IMG 20240209 WA0149
Presdir PTFI, Tony Wenas , CEO PTFI Kathleen L Quirk dan Richard Adkerson.Foto: Dok

Jakarta, fajarpapua.com- Freeport McMoran Inc (FCX) mengumumkan pergantian pemimpin dengan mengangkat Kathleen L. Quirk sebagai Presiden dan Chief Executive Officer (CEO) pada Selasa (6/2) lalu.

Kathleen secara resmi akan mulai menjabat sebagai Presiden Freeport pada rapat umum pemegang saham tahunan pada 11 Juni 2024.

Ads

Kathleen akan bertanggung jawab penuh atas manajemen eksekutif bisnis yang melapor kepada kepada dewan direksi.

Sementara Richard C. Adkerson akan tetap menjabat sebagai Ketua Dewan Direksi, mendukung transisi kepemimpinan dan bisnis Freeport pada hal-hal strategis yang penting bagi perusahaan.

Direktur Independen Utama Freeport-McMoran Dusty McCoy mengatakan selama beberapa waktu terakhir dewan direksi telah terlibat dalam proses untuk mengidentifikasi pengganti Adkerson.

“Kathleen telah mendapatkan rasa hormat dari dewan, organisasi-organisasi Freeport hingga para pemangku kepentingan eksternal melalui rekam jejak serta kepemimpinannya yang telah terbukti dan misinya untuk menciptakan nilai bagi semua pemangku kepentingan,” kata McCoy dalam siaran persnya.

McCoy menambahkan, selama 35 tahun Kathleen berkarir di perusahaan, dia memiliki pengetahuan yang luas mengenai bisnis dan operasi Freeport, karyawan, dan budaya perusahaan.

“Kathleen memiliki kualifikasi yang tinggi untuk memimpin Freeport sebagai CEO,” ujarnya.

Selain memuji Kathleen, McCoy juga berterima kasih atas kepemimpinan Richard selama menduduki jabatan CEO Freeport McMoran.

“Terima kasih atas kepemimpinannya yang luar biasa sebagai CEO dan atas visi serta eksekusinya dalam memposisikan perusahaan kami secara positif untuk masa depan,” ucapnya.

McCoy menyampaikan selama 20 tahun masa jabatannya sebagai CEO, Richard telah menjadikan Freeport sebagai pemimpin global dalam industri tembaga.

Kemudian memberikan nilai bagi para pemangku kepentingan serta membangun organisasi yang kuat dan budaya berkinerja tinggi.

“Richard memiliki komitmen berkelanjutan untuk mendukung perusahaan dalam hal-hal global yang penting secara strategis bagi Freeport dan industri tembaga secara luas akan terus memberikan nilai yang signifikan,” kata dia.

Sebagai informasi, Kathleen bergabung dengan Freeport pada 1989 dan bertanggung jawab atas berbagai fungsi perusahaan.

Mulai dari pajak, hubungan investor, pengembangan korporasi dan perbendaharaan. Kathleen kemudian diangkat sebagai chief financial officer pada 2003.

Perempuan lulusan dari Louisiana State State University ini kemudian diberi jabatan sebagai Presiden FCX pada 2021 dan menjadi anggota direksi pada 2023.

Sebagai anggota senior tim eksekutif perusahaan selama lebih dari 20 tahun, Kathleen berperan penting dalam perencanaan strategis Freeport dan pelaksanaan tujuan perusahaan.

“Saya sangat senang bisa memimpin perusahaan yang hebat ini,” kata Kathleen.

Kathleen menyebut Freeport memiliki tim yang luar biasa, tim global yang berbakat yang berkomitmen pada misi Freeport untuk menyediakan tembaga dan logam lain yang penting bagi kehidupan masyarakat, serta ekonomi global dengan cara yang bertanggung jawab dan efisien.

“Saya berharap dapat terus meningkatkan nilai bagi para pemangku kepentingan kami melalui perencanaan yang kuat, mengejar inovasi dan teknologi baru,” ujarnya.

Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi dan mengembangkan bisnis Freeport melalui pengembangan sumber daya yang besar untuk melayani pasar yang semakin luas dengan produk-produk Freeport.

Sementara Adkerson mengatakan bahwa menjabat sebagai CEO Freeport McMoran selama lebih dari 20 tahun merupakan suatu kehormatan. “Saya bangga menjadi anggota keluarga besar Freeport,” ujarnya.

“Karyawan kami adalah yang terbaik di kelasnya, dan bersama-sama, kami telah memberikan dampak positif yang berharga dan langgeng bagi industri, komunitas, dan masyarakat luas,” kata Adkerson yang juga menyampaikan optimismenya terhadap kepemimpinan Kathleen di Freeport.

“Ketajaman bisnis dan strategis Kathleen yang kuat. Kemudian tanggung jawab yang semakin besar selama bertahun-tahun telah menunjukkan bahwa ia memiliki kemampuan untuk memimpin perusahaan kami dan dan melanjutkan tradisi keunggulan Freeport,” ujarnya.

Adkerson menyebut masa depan Freeport ke depan akan semakin kuat dibandingkan sebelumnya. “Sebab didukung oleh aset dan orang yang hebat, serta dewan komisaris dan tim kepemimpinan yang luar biasa,” ucapnya. (an)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *