BERITA UTAMAMIMIKApinpost

Bangun Sisi Selatan Terminal Bandara Timika Habiskan Dana Rp 258 Miliar

pngtree vector tick icon png image 1025736
8
×

Bangun Sisi Selatan Terminal Bandara Timika Habiskan Dana Rp 258 Miliar

Share this article
Terminal bandara Timika
Terminal baru Bandara Mozes Kilangin Timika

Timika, fajarpapua.com

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Pemerintah Daerah Mimika melalui Dinas Perhubungan, tahun 2020 melanjutkan pembangunan gedung terminal penumpang sisi selatan Bandara Mozes Kilangin Timika. Adapun total dana yang habiskan untuk proyek tersebut sebesar Rp 258 miliar.

Kepala Dishub Mimika Jania Basir kepada wartawan, Senin, mengatakan tahun ini Pemkab Mimika akan menyelesaikan pekerjaan perbaikan atap, pemasangan dinding toilet lantai satu serta perbaikan tangga.

“Untuk pekerjaan lanjutan gedung terminal penumpang sisi selatan Bandara Timika yang menjadi tanggung jawab Pemda Mimika sudah berlangsung dua bulan. Tahun ini juga kita akan selesaikan lahan parkir agar gedung terminal yang dibangun oleh Kemenhub bisa segera difungsikan,” jelas Jania.

Ia mengatakan semua program Dishub Mimika tetap berjalan seperti biasa, kendati saat ini aktivitas di Kantor Dishub Mimika diliburkan (pegawai bekerja dari rumah) lantaran lima staf diketahui terpapar virus corona baru.

“Tidak ada kendala, semua berjalan seperti biasa baik itu pelayanan di Kantor-kantor UPTD Dishub maupun pekerjaan proyek di Bandara Timika,” jelasnya.

Jania Basir sendiri baru diangkat menjadi Kepala Dishub Mimika sejak 17 Juli 2020 oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng menggantikan Yan Selamat Purba.

Pemkab Mimika sendiri telah mengalokasikan anggaran Rp 258 miliar untuk menyelesaikan pembangunan gedung terminal penumpang sisi selatan Bandara Mozes Kilangin Timika yang dilakukan selama tiga tahun atau tahun jamak hingga 2022.

Penandatanganan kontrak pembangunan gedung terminal Bandara Timika sisi selatan yang berdampingan dengan gedung terminal penumpang yang dibangun oleh Kemenhub itu dilakukan beberapa waktu lalu disaksikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Timika Mohamad Ridosan.

Pekerjaan lantai satu ditangani oleh PT Panca Duta Karya.

Khusus tahun ini, anggaran yang dikucurkan sekitar Rp35 miliar dari rencana keseluruhan mencapai Rp98 miliar.

Berbeda dengan gedung terminal penumpang Bandara Timika yang dibangun oleh Pemkab Mimika, gedung terminal penumpang yang dibangun oleh Kemenhub yang letaknya berdampingan malah pekerjaannya sudah hampir rampung dan siap dioperasikan.

Saat ini pihak UPBU Mozes Kilangin Timika masih menunggu proses verifikasi gedung terminal penumpang Bandara Timika itu oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara sebelum diresmikan pengoperasiannya.(ant/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *