BERITA UTAMA

Gereja Baptis West Papua Tolak Tim Investigasi Kematian Pdt Yeremias, Sampaikan 5 Rekomendasi

pngtree vector tick icon png image 1025736
5
×

Gereja Baptis West Papua Tolak Tim Investigasi Kematian Pdt Yeremias, Sampaikan 5 Rekomendasi

Share this article

Kelima, Pemerintah Indonesia tidak menyelesaikan persoalan pelanggaran berat HAM di Papua tidak parsial, tapi diselesaikan secara utuh dan konprehensif.
Yaitu, Pemerintah Indonesia sebaiknya menyelesaikan luka membusuk di tubuh bangsa Indonesia yaitu 4 pokok akar masalah Papua yang dirumuskan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang tertuang dalam buku Papua Road Map: Negociating the Past, Improving the Present and Securing the Future (2008).

Empat akar persoalan sebagai berikut:
1) Sejarah dan status politik integrasi Papua ke Indonesia; (2) Kekerasan Negara dan pelanggaran berat HAM sejak 1965 yang belum ada penyelesaian; (3) Diskriminasi dan marjinalisasi orang asli Papua di Tanah sendiri; (4) Kegagalan pembangunan meliputi pendidikan, kesehatan, dan ekonomi rakyat Papua.

ads

Solusi untuk mengobati luka membusuk dan bernanah di tubuh bangsa Indonesia ialah Pemerintah Republik Indonesia dan ULMWP duduk satu meja untuk perundingan damai tanpa syarat yang dimediasi pihak ketiga yang netral untuk menemukan solusi damai yang permanen.(tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *