Tiba di Papua, Tim Gabungan Pencari Fakta Usut Kekerasan di Intan Jaya

by -
TGPF
Kapolda Papua saat berdialog bersama Tim Gabungan Pencari Fakta

Jayapura, fajarpapua.com
Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) kasus kekerasan di Kabupaten Intan Jaya, Kamis (8/10) menggelar coffee morning bersama Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw dan Pandam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab.

Dalam doorstop kepada media, Ketua TGPF Sugeng Purnomo mengatakan tim tersebut dibentuk Menkopolhukam berdasarkan keputusan Nomor 83 tahun 2020.

Tim Gabungan Pencari Fakta ini dibagi menjadi dua, tim pertama dengan tujuan Kabupaten Intan Jaya dan tim kedua menuju Kota Jayapura.

“Kedatangani kami ke Papua dengan tujuan yang sama tapi tugas kami berbeda. Kemarin kami sudah melakukan pertemuan dengan pemerintah Provinsi Papua, dan hari ini kami bertemu dengan Jajaran Polda Papua dan Kodam XVII/Cenderawasih,” ujarnya.

Dikatakan, pihaknya diberi waktu bekerja selama 2 minggu, sejak surat keputusan diterima.

“Sejak terima surat kami langsung merencanakan keberangkatan ke lokasi yang berbeda untuk mempercepat pengumpulan data bahan dan keterangan-keterangan yang didapat,” ucap Sugeng.

Apabila dalam waktu 2 minggu ternyata masih dianggap kurang, maka tim dikasih kesempatan hanya 1 minggu lagi, jadi maksimal hanya 3 minggu.

“Tapi tim komitmen untuk mencoba memaksimalkan waktu 2 minggu yang pertama untuk bisa menyelesaikan dan mengumpulkan data-data terkait kasus kekerasan yang terjadi di Kabupaten Intan Jaya,” bebernya.

Ia mengemukakan tim itu bukan merupakan kegiatan yang sifatnya proyustisial, karena proyustisial atau penegakan hukum tugas Polda Papua dan jajaran.

“Kami hanya mengumpulkan bahan dan keterangan untuk kita berikan masukan dalam hal ini pada Pak Menkopolhukam untuk diberikan saran pendapat kepada pemerintah. Kami tidak sendiri karena didalam tim ini juga ada beberapa tokoh Papua yang akan membantu selama kami di sana,” tuturnya.

banner 300250

Kapolda Papua pada kesempatan tersebut mengatakan, mewakili jajaran Polda Papua dirinya mengucapkan selamat datang kepada rombongan TGPF yang dibentuk Menkopolhukam di Polda Papua.

“Kami siap membantu agar kegiatan selama di Papua dapat berjalan lancar sesuai harapan kita bersama,” tegasnya.(ane)

INFO IKLAN 0812-3406-8145