Cara mudah menjaga kesehatan ke 2 mata selama PJJ

by -
Cara mudah menjaga kesehatan

Bogor, Fajarpapua.com – Pelajaran Jarak Jauh atau PJJ yang saat ini menjadi solusi dari menimba ilmu dimasa pandemi ini tentunya perlu memperhatikan kesehatan mata. Sebenarnya apakah ada cara mudah menjaga kesehatan ke 2 mata ini selama berlangsungnya Pelajaran Jarak Jauh atau PJJ ini ?

Aktifitas belajar secara online sebenarnya sudah ada jauh sebelum adanya pandemi Covid-19. Ketika terjadi pandemi Covid-19 dan belum diketahui sampaikapan pandemi ini akan berakhir tentunya solusi dalam memberikan pelajaran kepada anak didik harus langsung ditemukan.

Dengan melirik beberapa cara penyampaian belajar secara online inilah maka pemerintah mengeluarkan aturan  untuk tetap sekolah tapi dilaksanakan di rumah masing – masing dengan menerapkan Pelajaran Jarak Jauh menggunakan perangkat Komputer maupun Smartphone.

Penyesuaian pun harus dilakukan agar tidak terhentinya kegiatan belajar mengajar antara Guru dan Siswa.

Namun dengan dimanfaatkannya Komputer maupun Smartphone, maka bukan berarti masalah selesai sampai disitu saja. Cahaya maupun radiasi yang keluar dari layar monitor maupun layar gadget dapat berimbas kepada kesehatan mata penggunanya.

Kerusakan yang terjadi pada sebelah mata saja dapat mengakibatkan berkurangnya fokus dan konsentrasi penderitanya. Untuk itulah diperlukan mencari cara mudah menjagga kesehatan mata.

Berikut ini beberapa cara mudah menjaga kesehatan mata yang bisa dilakukan dimana saja dan tidak perlu waktu maupun tempat khusus :

Relaksasi

Menurut ahli kesehatan diperlukan poses relaksasi secara rutin yang harus dilakukan dalam rangka kesehatan mata selama  pembelajaran online ini. seperti misalnya setiap 20 atau 25 menit didepan HP atau Komputer, lakukan pengalihan pandangan kearah lain kira-kira pada object sejauh 6-7 meter selama kurang lebih 15-20 menit.

Ruangan

banner 300250

Berikan pencahayaan yang cukup pada ruangan yang akan digunakan untuk pembelajaran online ini dan diperlukan sirkulasi udara yang cukup dengan tempratur yang nyaman.

Jangan terlalu lama berada pada jalur hembusan langsung dari kipas maupun AC agar kondisi tubuh dapat terjaga dan menhindari partikel – partikel debu dengan mudah terkena pada mata.

Istirahat

Bila dimungkinkan dan ada jadwal untuk istirahat, pergunakan dengan baik terutama lakukan berjalan beberapa langkah keluar ruangan dan kembali lagi. Sejenak rebahan dapat membantu juga menjaga aliran darah yang mengalir ke mata.

Itulah cara mudah menjaga kesehatan ke 2 mata selama pembelajaran online ini. tetap jaga kesehatan dan selalu patuhi protokol kesehatan Pakai Masker, Sering Cuci Tangan dan Jaga Jarak.

INFO IKLAN 0812-3406-8145