Inilah Fungsi Pare untuk Kanker dan Lainnya

by -
Fungsi Pare untuk Kanker

Bogor, Fajarpapua.com – Tanaman yang memiliki nama latin Momordica Charantia ini kita kenal dengan nama Pare dikenal sejak dulu memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya untuk mengobati dan mencegah munculnya kanker.

Tanaman yang tergolong sebagai tanaman yang tumbuh di daerah tropis ini memiliki rasa yang pahit dan pada umumnya di konsumsi secara langsung.

Buah pare memiliki bentuk yang khas dengan warna hijaunya dikelilingi gerigi dan berbentuk lonjong ini memang memiliki rasa yang pahit sehingga disebut sebagai paria atau peria di sejumlah daerah seperti di sunda dan daerah Bugis-makasar.

Pare selain menjadi bagian dari makanan yaitu sebagai sayuran, pare juga diketahui sebagai obat dari berbagai penyakit seperti kanker, tukak lambung, diabetes dan sebagainya.

Senyawa kimia yang terkandung di dalam buah pare ini antara lain adalah saponin, glikosida triterpen, alkaloid, steroida, hingga protein. Buah pare saat belum matang merupakan sumber dari berbagai macam Vitamin seperti Vit. A, Vit. C, Zat besi dan fosfat.

Fungsi Pare untuk mengobati kanker

Dalam beberapa penelitian sebelumnya baik In Vitro maupun In Vivo dari sari dan senyawa murni termasuk MAP 30, menunjukan adanya aktivitas antikanker yang diantaranya merupakan anti kanker terhadap sel leukemia, payudara dan prostat.

Pare sendiri memiliki  khasiat yang berbeda beda kadarnya tergantung dari wilayahnya seperti Pare Thailand yang diketahui lebih berkhasiat terhadap Kanker dibandingkan pare dari China.

Pada sebuah percobaan yang dilakukan pada binatang, sari daun dari pare menunjukan kekuatan atau resistensi terhadap infeksi virus dan memberikan efek imun yang cukup baik.

Senyawa protein dalam biji, buah dan daunnya dapat berkhasiat untuk anti HIV, polio, herpes hingga dapat menekan tumor.

Khasiat yang terkandung lainnya

Selain Fungsi Pare untuk Kanker dan beberapa penyakit lainnya, tumor dan anti HIV ternyata Pare juga memiliki khasiat yang lainnya sebagai obat cacing yang bahkan lebih kuat dari piperazine atau senyawa yang ada pada obat cacing. Di samping obat cacing, ternyata pare juga dapat memperlambat pembekuan darah yang dapat menghindari orang dari adanya penggumpalan darah.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 banner 300250