Waspada! Bahaya Konsumsi Kentang Goreng

by -
Bahaya Konsumsi Kentang Goreng

Jakarta, Fajarpapua.com – Hidangan yang satu ini memang sepertinya tidak akan pernah berhenti hadir di keseharian kesibukan kita. Di samping mudah untuk mendapatkannya terutama dengan banyaknya restoran cepat saji. Bentuk olahan untuk di olah atau digoreng sendiri di rumah pun tersedia dengan beragam bentuk dan kemasan.

Kenikmatannya saat disantap pada saat menemani saat-saat santai atau saat sedang mengendurkan kinerja otak memang tiada pernah bisa tergantikan. Disajikan dengan kemasan yang sederhana dan tidak terlalu berlebihan saat menikmatinya menjadikan Kentang Goreng bisa dinikmati di mana saja kapan saja.

Ternyata karena kentang ini diolah dengan cara digoreng, terdapat beberapa hal yang perlu diwaspadai. Seperti layaknya produk gorengan lainnya memang rasa gurih yang melekat pada makanan yang digoreng sangat menggoda.

Banyak penikmat jenis makanan atau camilan yang digoreng tidak menyadari bahwa dibalik kenikmatan itu terdapat hal yang membahayakan.

Waspadai Bahaya Konsumsi Kentang Goreng

Kentang adalah produk makanan yang cukup baik bagi kesehatan karena di dalamnya terdapat bermacam vitamin serta mineral, contohnya kalium dan vit-c. Kandungan paling utama pada kentang adalah karbohidrat. Namun kentang juga mengandung protein dan serat.

Kentang pada dasarnya hampir tidak terdapat kandungan lemak di dalamnya atau hanya sekitar 1gr lemak untuk setiap kilogram kentang. Akan tetapi ketika diolah dengan cara digoreng, kentang menyerap minyak termasuk menahan lemak yang terdapat di dalam minyak tersebut. Inilah letak utama dari penyebab datangnya bahaya konsumsi kentang goreng

Khusus untuk sajian kentang goreng yang berasal dari 10-12 potong kentang beku bisa diuraikan kandungan nutrisi / gizi nya sebagai berikut :

  • Kalori : 125
  • Lemak : 4gr ( 1gr lemak jenuh )
  • Sodium : 280-282 mg
  • Karbohidrat : 21gr
  • Serat : 2 gr
  • Protein :2gr
  • Vitamin C : 16%

Kalori yang terdapat di dalam lemak dapat dengan seketika meningkat tajam hingga dua kali lipat apabila anda mengkonsumsinya di restoran cepat saji.

Sangat tidak mengherankan bila kita melihat lebih jauh penyebab dasar dari meningkatnya lemak ini sebanyak 2x lipat di restoran cepat saji.

Restoran cepat saji dalam menggoreng kentang, tidak menggunakan metode konvensional. Hampir semua restoran cepat saji terutama yang sudah memiliki nama besar sudah menerapkan tehnik menggoreng dengan cara Deep fried atau penggunaan minyak dalam jumlah banyak dan menggoreng di bagian dalam minyak ( terendam ) sehingga kentang lebih banyak menyerap minyak.

Perhatikan kandungan kalori ketika dilakukan dengan cara Deep fried

  • Ukuran kecil (71 gram): kalori 222, lemak 10 gram, karbohidrat 29 gram
  • Ukuran sedang (117 gram): kalori 365, lemak 17 gram, karbohidrat 48 gram
  • Ukuran besar (154 gram): kalori 480, lemak 22 gram, karbohidrat 64 gram

Kelebihan kalori sangatlah tidak baik bagi kesehatan tubuh terutama membuka peluang terjadinya obesitas yang berpotensi  menyebabkan serangan jantung.

INFO IKLAN 0812-3406-8145
DEMO AGEN MINYAK TANAH, TUNTUT KEPASTIAN SURAT IJIN LINGKUNGAN