Gadgets

Touchscreen Tidak Berfungsi Dengan Baik, Ini Solusi Terbaiknya

cropped cnthijau.png
8
×

Touchscreen Tidak Berfungsi Dengan Baik, Ini Solusi Terbaiknya

Share this article
Touchscreen Tidak Berfungsi Dengan Baik

Bogor, Fajarpapua.com – Perkembangan dunia komunikasi khususnya perkembangan pada perangkat Smartphone terlihat hampir seluruh Smartphone menggunakan layar sentuh. Sering masalah touchscreen tidak berfungsi dengan baik muncul, baik itu sulit disentuh atau sama sekali tidak merespons.

Permasalahan touchscreen yang tidak memberikan respon ini memang menjadi permasalahan yang klasik, terutama pada perangkat yang memang sering digunakan.  Sebelum memutuskan mengganti touchscreen atau membawanya ke pusat service atau bahkan memutuskan untuk mengganti perangkat Smartphone kita ada baiknya mengetahui dulu penyebab dan bagaimana cara perbaikan dengan mudah agar menghemat pengeluaran.

ads

Penyebab Touchscreen mengalami Gangguan

Ada beberapa penyebab yang menjadi awal dari touchscreen tidak berfungsi dengan baik atau tidak merespons sentuhan yang dilakukan, di antara berbagai penyebabnya ada dua penyebab utama yang perlu diketahui yaitu :

  • Kondisi Hardware dari Smartphone yang memang mengalami kerusakan.
  • Adanya Aplikasi atau pengaruh dari Software yang terpasang di perangkat.

Sebetulnya ada beberapa penyebab lainnya yang tidak terlalu mendasar seperti layar yang kotor akibat minyak yang menempel dari tangan termasuk kotoran lainnya.

Terkadang pengaruh dari kelembaban juga dapat mempengaruhi respons dari sentuhan yang berakibat layar sentuh atau touchscreen tidak berfungsi dengan baik.

Beberapa tanda bahwa telah terjadi kerusakan atau gangguan yang tidak semestinya pada layar sentuh dapat diketahui dengan mudah yaitu :

  • Layar bergeser sendiri.
  • Aplikasi atau program yang sedang dijalankan tertutup atau membuka menu atau bagian yang tidak kita tekan atau sentuh.
  • Adanya jarak antara sentuhan atau bagian layar yang kita sentuh dengan hasil atau tanggapan yang diterima oleh layar sentuh.

Solusi Mudah Atasi Touchscreen Tidak Berfungsi Dengan Baik

Sebelum memutuskan untuk membawanya ke pusat service ada baiknya melakukan beberapa hal untuk memastikan apakah yang terjadi bisa diatasi dengan mudah atau memang harus melibatkan orang yang lebih ahli dalam perbaikan layar sentuh.

Berikut ini beberapa cara mudah untuk atasi touchscreen yang sudah atau sedang mengalami gangguan yang bisa dilakukan sebelum membawanya ke pusat service.

Reboot atau Restart Smartphone / HP

Hal yang pertama sekali bisa dicoba adalah dengan melakukan reboot atau restart perangkat Smartphone anda. Sebab gagalnya respons yang terjadi bisa dikarenakan adanya konflik aplikasi yang sedang terbuka atau ada aplikasi yang terbuka tapi menggunakan sumber daya dari hp secara berlebihan.

Deteksi dengan Pointer Location

Cara ini adalah cara sederhana untuk melihat apakah tombol atau area yang kita tekan sesuai dengan yang diterima oleh Smartphone.

Fungsi ini bisa dilakukan dengan mengaktifkan melalui developer menu ( tidak dianjurkan menggunakan menu ini bagi yang tidak memahami ) atau bisa juga mendownload aplikasi yang diperuntukkan untuk menunjukkan lokasi pointer.

Pijat atau remas layar Hp dengan lembut.

Cara ini sebenarnya sudah sering dijalankan apabila layar sentuh kita mengalami kesulitan dipencet atau di sentuh. Tujuan dari melakukan ini adalah memastikan bahwa tidak ada bagian yang terangkat atau kendor.

Matikan layar beberapa saat kemudian nyalakan lagi.

Tujuan  dari cara ini sebenarnya adalah prinsip pemuaian benda padat terhadap panas. Layar yang panas akan sedikit mengembung dan akan mempengaruhi fungsi dari layar sentuh.

Itulah beberapa cara mudah untuk memperbaiki touchscreen tidak berfungsi dengan baik yang perlu dilakukan sebelum memutuskan melakukan perbaikan pada pusat service maupun membeli yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *