Gadgets

Smartphone Android Melambat ? Ini Dia Cara Mengatasinya

cropped cnthijau.png
8
×

Smartphone Android Melambat ? Ini Dia Cara Mengatasinya

Share this article
smartphone android melambat
ilustrasi

Bogor, Fajarpapua.com – Bagi pengguna Smartphone khususnya yang menggunakan Android, tentu saja sudah tidak asing lagi kejadian Smartphone android melambat setelah dipergunakan beberapa Minggu. Hal ini terjadi bukan karena Smartphone android yang digunakan sudah usang atau tertinggal jaman.

Aplikasi yang berada di Market atau Google Playstore memang kerap kali meminta spesifikasi yang lebih tinggi dalam setiap update atau pembaharuan aplikasi. Proses ini adalah hal yang wajar mengingat pihak developer tentu saja ingin memberikan fasilitas atau fitur yang ada pada aplikasi nya lebih banyak dan lebih lengkap.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Kejadian Smartphone android melambat tidak hanya terjadi pada Smartphone lawas atau keluaran beberapa tahun yang lalu. Kejadian ini juga kerap dialami oleh pengguna Smartphone android keluaran terbaru.

Jadi sebenarnya apa penyebab awal dari kejadian Smartphone android melambat yang juga dialami oleh versi atau keluaran Smartphone android terbaru ?

Faktor Utama Smartphone Android Melambat

Dalam sebuah perangkat android terdapat beberapa komponen penting di dalamnya yang sangat mempengaruhi kinerja dari kecepatan Smartphone android yang digunakan.

Beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja dari suatu perangkat Smartphone yang berbasis android di antaranya :

  • Media Penyimpanan ( Internal Storage )
  • Kecepatan Prosesor
  • RAM ( Memory )
  • Versi Android
  • Aplikasi

Dari ke empat faktor penyebab tersebut 3 di antaranya bersifat permanent atau dipengaruhi dari fisik Smartphone itu sendiri dan tidak bisa dimanipulasi terkecuali menggunakan cara yang dikenal sebagai “root”.

Cara ini sangat tidak dianjurkan karena dapat menghilangkan garansi produk yang masih melekat pada perangkat Smartphone tersebut. Di samping itu Smartphone yang sudah diroot rentan kepada prilaku aplikasi yang berbahaya sehingga berakibat rusaknya perangkat secara permanen.

Apa yang harus dilakukan bila Smartphone Android Melambat

Cara yang aman untuk mengatasi Smartphone yang melambat biasanya dengan cara melakukan Reset Factory atau mengembalikan kepada setelan pabrik.

Mengembalikan setelan kepada setelan pabrik memang merupakan jurus jitu untuk mengembalikan performa dari Smartphone android, namun dengan melakukan Reset Factory atau mengembalikan ke setelan pabrik akan berakibat hilangnya data atau konfigurasi yang sudah dilakukan termasuk aplikasi tambahan yang kita butuhkan untuk aktivitas.

Bila demikian tentunya perlu kita instal kembali dan melakukan konfigurasi termasuk mengulang lagi atau memindahkan data kembali dan kemudian setelah melambat kembali kita harus melakukan hal yang serupa kembali.

Apakah ada cara yang sederhana untuk memperbaiki atau meningkatkan kinerja dari Smartphone android yang melambat tersebut ?

Tentu saja ada, meskipun cara tersebut tidaklah 100% mengembalikan kinerja namun dapat dengan mudah dilakukan tanpa harus repot mengkonfigurasi, instal ulang dan memindahkan data.

Cara Mengatasi Smartphone Android Melambat

Berikut ini tim FajarPapua.com akan memberikan beberapa langkah sederhana untuk mengatasi Smartphone Andoird Melambat.

Langkah Pertama : Optimalkan fungsi tampilan

Salah satu faktor yang berpengaruh kepada Smartphone android yang melambat adalah dengan tampilan yang terlalu berat.

  • Live Wallpaper : Wallpaper yang bergerak atau Live Wallpaper akan membutuhkan RAM dan Proses CPU dari Android secara terus menerus
  • Perkiraan Cuaca : tanpa kita sadari setelan dari pabrik terkadang melampirkan info terupdate untuk tempatur dan perkiraan cuaca. Tentu saja proses update informasi tersebut membutuhkan fungsi dari GPS, Koneksi Internet dan yang pasti akan meminta tambahan RAM dan CPU.

Langkah Kedua : Optimalkan Internal Storage

Secara logika Internal Storage atau Penyimpanan Internal tidak masuk akal mempengaruhi kinerja dari Smartphone Android melambat. Namun pada Smartphone Android hal tersebut dapat saja terjadi.

Android membutuhkan Media Penyimpanan yang cukup luas, sehingga disarankan untuk memindahkan data atau foto ke Memory Eksternal.

Langkah Ketiga : Management Aplikasi

Jangan mendownload atau menggunakan aplikasi yang saling bertumpuk fungsinya. Hal ini sering terjadi pada Facebook, ketika kita menggunakan Facebook maka kita harus menginstall Facebook Messenger juga untuk dapat membuka Inbox.

Kejadian ini bisa diminimalisir dengan menghapus Facebook dan Messenger dan kemudia beralih kepada peramban atau browser. Alternatif lainnya bisa di instal Facebook Lite yang ukuran file nya lebih kecil dibandingkan Facebook biasa.

Langkah Ke Empat : Hapus Footprint atau File tidak Berguna

Langkah ke empat ini disarankan untuk menggunakan aplikasi seperti ccleaner atau SDMaid, kedua aplikasi ini secara default atau settingan standar dapat menghapus jejak dari aplikasi yang sudah tidak ada di Smartphone dan juga menghapus Thumbnail yang secara otomatis akan bertambah terus se iring banyaknya aktivitas membuka gambar atau foto.

Keuntungan Lain Selain Mencegah Smartphone Android Melambat

Bila pengguna Smartphone android melakukan langkah-langkah di atas, tidak hanya dapat mempercepat kinerja dari Smartphone android tersebut, namun akan mendapatkan bonus berupa penggunaan baterai yang lebih irit dan penggunaan kuota internet yang akan lebih irit lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *