BERITA UTAMAMIMIKA

Kerja Keras Petugas, Kasus Malaria di Wilayah Bhintuka Turun 5 Persen

pngtree vector tick icon png image 1025736
8
×

Kerja Keras Petugas, Kasus Malaria di Wilayah Bhintuka Turun 5 Persen

Share this article
Puskesmas Bhintuka

“Soal data yang pas saya tidak terlalu hafal angkanya. Data itu ada di pojok malaria, tapi bulan ini sesuai laporan dari pojok malaria turun sekitar 5 persen. Harapan kita bersama angkanya turun terus, yang terpenting masyarakat harus terapkan hidup sehat dengan gunakan kelambu, genangan air sekitar rumah harus ditutup sehingga jangan jadi tempat nyamuk bertelur,” terang Agustina.

Ia menjelaskan Pemkab Mimika sudah canangkan 2026 bebas malaria, sehingga sebagai garda terdepan petugas kesehatan puskesmas harus siap menjalankan program eliminasi dengan mendukung dan menyukseskan program-program yang turun dari Dinkes Mimika.

ads

Petugas puskesmas dan pojok malaria harus konsen serta kerja keras dalam beberapa tahun agar program eliminasi malaria benar-benar terwujud sesuai program pemkab dan dinkes.

Kepada masyarakat, Agustina mengimbau agar tetap menjalankan prokes dimana saat ini Mimika masih dilanda Covid 19.

Memang secara statistik wilayah Bhintuka kasusnya sedikit, tapi harus tetap jaga dengan harapan cuci tangan secara rutin, pakai masker, dan jaga jarak serta terhindar dari kerumunan masa.

Bagi warga yang yang terpapar diharapkan dapat mengisolasi diri secara mandiri di rumah selama 14 hari, makan makanan bergizi, konsumsi vitamin yang cukup, olahraga rutin, dan jangan keluar rumah.

Sedangkan kepala kampung Bhintuka, Penius Tabuni mengakui, warganya sampai hari ini belum ada yang positif Covid 19. Tapi dia meminta warga agar tetap mengenakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak.

“Warga saya belum ada yang sakit covid 19. Kalau malaria banyak karena pola hidup mereka. Akhir tahun 2020 lalu petugas puskesmas sudah bagi kelambu dan saya miinta semua warga tidur malam harus pakai kelambu supaya jangan kena malaria,” kata Penius.(tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *