BERITA UTAMAMIMIKA

Eliminasi Malaria Masih Diangka 25 Persen, Dinas Kesehatan Mimika Tingkatkan Kolaborasi Lintas OPD

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
34
×

Eliminasi Malaria Masih Diangka 25 Persen, Dinas Kesehatan Mimika Tingkatkan Kolaborasi Lintas OPD

Share this article
IMG 20231121 WA0001
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Rizal Ubra

Timika, fajarpapua.com- Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah berupaya meningkatkan kolaborasi lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) guna mewujudkan eliminasi malaria.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Rizal Ubra mengatakan salahsatu langkah untuk meningkatkan kolaborasi  adalah dengan menggelar pelatihan pengelolaan eliminasi malaria untuk diterapkan pada OPD terkait.

ads

“Kita melibatkan Dinas Kesehatan Provinsi Papua, yang memberikan materi bagi kami dan juga OPD yang terlibat dalam rangka eliminasi malaria,” katanya.

Menurut Reynold, malaria menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit lain, sehingga pihaknya berkomitmen untuk membangun kolaborasi agar sinergi OPD dapat lebih memaksimalkan tujuan eliminasi malaria di Mimika.

“Malaria sangat mendominasi, daerah kita ini tergolong wilayah yang sangat basah karena berada dekat gunung, ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami,” ujarnya.

Dinkes Mimika bersama sektor kesehatan lain telah menjalankan banyak program eliminasi malaria, tetapi penilaian pelayanan oleh Kementerian Dalam Negeri masih pada angka 25 persen.

“Keterlibatan OPD lain diharapkan dapat meningkatkan penilaian pelayanan menjadi 55 persen, pada kegiatan ini OPD dapat berkontribusi melalui kritik dan saran untuk dikerjakan bersama,” katanya lagi.

Kepala Seksi TB dan Malaria Dinas Kesehatan Provinsi Papua Silas Mabui menambahkan, kerja sama antara sektor harus terus didorong, guna mencapai progres program provinsi juga kabupaten yang telah diberikan Pemerintah Pusat.

“Mari kita membahas program yang akan dijalankan dan dikerjakan bersama-sama ke depannya,” katanya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *