Hanya Maskapai Garuda yang Sering Koordinasi BMKG, Cuaca Timika Masih Sulit Ditebak

by -
BMKG
Forecaster BMKG Timika, William Titahena

Timika, fajarpapua.com – Cuaca Timika seminggu belakangan mengalami perubahan cukup ekstrim, dimana pagi hingga siang hari panas, dan sore hari mulai pukul 17.00 Wit-19.00 WIT terjadi hujan ringan, sesekali disertai angin.

Meskipun di darat terlihat adem, berbeda dengan cuaca di udara. Helikopter Jenis MI-8MTV-I dengan Nomor Registrasi UP-MI815, yang sebelumnya berencana terbang dari Sentani ke Timika terpaksa melakukan pendaratan darurat di Nimbokrang akibat cuaca buruk.

Forecaster BMKG Timika, William Titahena kepada wartawan saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (8/2) mengatakan sejauh ini hanya maskapai Garuda yang selalu berkoordinasi terkait perkembangan cuaca.

“Untuk kebutuhan penerbangan, setiap operator penerbangan bertanya ke BMKG. Biasanya Garuda rutin tanya, tapi yang lain belum terlihat,” terang William.

Dikatakan, cuaca di Timika memang susah ditebak, kadang hujan sepanjang hari, kadang juga siang hujan malam cerah, sebaliknya siang panas dan malam hujan hingga menjelang pagi.

Tapi dalam satu minggu ini sesuai pantauan BMKG Timika, siang cerah, panas menyengat dan sore hari cenderung berubah mendung gerimis.

“Hari ini cerah dan besok juga sama. Sore hari hujan sedang, angin kencang. Rabu cenderung sama, tapi hanya hujan ringan. Warga harus waspada bila terjadi angin. Memang ada guntur tapi tidak terlalu berbahaya yang terjadi pada Senin dan Selasa. Kalau Rabu sudah turun. Untuk satu minggu kedepan cuaca cenderung berawan,” kata Wiliam.