Anggarkan 40 Miliar Dana Kampung di Pegunungan dan Pesisir, Kum : YPMAK Bekerja Untuk Kampungnya Sendiri

by -
Kum
Nathan Kum

Timika,fajarpapua.com – Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme Kamoro (YPMAK) mulai tahun ini menganggarkan dana sebesar 40 miliar untuk pembangunan kampung.

Dana sebesar itu dibagi untuk kampung yang di pegunungan maupun kampung yang ada di pesisir masing-masing sebesar Rp 20 miliar.

Ketua Dewan Pembina YPMAK, Nathan Kum kepada wartawan di MPCC, Rabu (24/3) mengatakan dana pembangunan kampung ini sesuai dengan visi misi YPMAK yang disusun untuk masa 20 tahun kedepan.

“YPMAK tidak lagi kerja biasa-biasa tapi harus luar biasa untuk kampungnya sendiri,” tegas Kum.

BACA JUGA:  Tim YPMAK ke Kokonao, Sosialisasi Perubahan Lembaga Menjadi Yayasan Pada 6 Kampung di Distrik Mimika Barat

Dirinya berharap, alokasi dana kampung tersebut dapat dikelola baik, diawasi secara baik dan hasilnya dapat dinikmati masyarakat.

“YPMAK harus berkoordinasi dengan pemangku kepentingan sehingga dana ini bisa sampai dan programnya benar- benar buat masyarakat di gunung dan pesisir,” kata Natan.

Soal berapa besar alokasi dana yang didapat setiap kampung lanjutnya, secara teknis akan diatur oleh YPMAK berdasar kebutuhan dan program.

“Termasuk terkait pengelolaannya kedepan, apakah YPMAK mau kerjasama dengan Pemkab Mimika nanti diatur di lapangan,” ujarnya.