Halia Yang Kaya Manfaat Bagi Keluarga

by -
Halia Yang Kaya Manfaat
Halia Yang Kaya Manfaat

Bogor, Fajarpapua.com – Halia yang kaya manfaat ini ternyata merupakan famili dari Cina dan karena cukup menyukai sinar matahari maka tidak salah lagi apabila di India juga kerap kita jumpai Halia.

Halia Yang Kaya Manfaat dan Mencegah Impotensi

Meskipun bagi sebagian orang, Impotensi sangat sulit disembuhkan. Namun siapa sangka oleh Helia yang berasal dari Cina ini dapat dicegah munculnya Impotensi.

Tapi sebelumnya jangan salah sangka dulu, Helia ini bukanlah Pelakor atau nama orang. Helia adalah sejenis tanaman liar dari famili Zingiberaceae yang banyak dijumpai di Cina dan India.

Halia biasanya tumbuh di daerah yang sedikit basah dan memiliki paparan cahaya sinar matahari yang cukup baik. Dengan ciri khusus batang tegak, berakar serabut serta berumbi rimpang mendatar.

Rimpang tananam ini agak sedikit tebal hingga membungkus daging dari umbi yang berserat dan warna cokelat disertai aroma yang khas. Sementara daunnya yang berbentuk malai dengan dua kelamin serta 1 benang sari serta 3 putik bunga.

Kandungan kimia

Halia mengandung sejumlah zat bermanfaat antara lain minyak atsiri, damar, mineral, sineol, fillandren, kamfer dan borneol. Selain itu, terdapat pula kandungan lain seperti zingiberol, gingerol, zingeron, lipidas, asam aminos, niacin, Vitamin A dan protein.

Manfaat dari Halia

  • Mencegah impotensi
  • Sakit pinggang dan keseleo
  • Mengatasi mencret dan muntah-muntah
  • Sakit kepala
  • Mengatasi batuk
  • Keracunan udang
  • Reumatik dan encok

Kendati demikian, sebaiknya sebelum mengolah maupun mengonsumsi tanaman Halia ini sebaiknya di konsultasikan terlebih dahulu kepada yang lebih ahli agar tidak mengakibatkan efek samping yang berbahaya.

Tanaman ini memiliki sejumlah nama lokal antara lain jae di Jawa, melito di Gorontalo, goraka (Ternate), lia di Flores dan jhai di Madura.

INFO IKLAN 0812-3406-8145
DEMO AGEN MINYAK TANAH, TUNTUT KEPASTIAN SURAT IJIN LINGKUNGAN