Unggul Sementara, Hengki Yaluwo Minta Masyarakat Boven Digoel Bersabar Menunggu Hasil dari KPU

by -
Hengki Yaluwo S.Sos
Hengki Yaluwo S.Sos

Tanah Merah, fajarpapua.com – Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 01; Hengki Yaluwo, S.Sos dan Lexi Romel Wagiu (Helex) unggul sementara dari Paslon 02; H Chaerul Anwar Natsir, ST-Natalis B Keket (Warna) dan Paslon 03; Martinus Wagi,SP-Isak Bangri, SE (Maris) dalam perolehan suara sementara Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Kabupaten Boven Digoel, Sabtu (17/7).


Kendati Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boven Digoel belum secara resmi mengumumkan paslon pemenang PSU, namun berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) masing-masing kubu pemenangan, Paslon 01 Helex unggul sementara. Dari total suara yang masuk hingga pukul 12.00 WIT, Senin (19/7) Paslon 01 (Helex) mengantongi 10.798 suara, Paslon 02 (Warna) 1.244 suara dan Paslon 03 (Maris) 8.753 suara. Selisih 2.045 suara Paslon 01 dari Paslon 03.
PSU yang dilaksanakan di Kabupaten Boven Digoel dengan jumlah Pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) 36.882 pemilih dan tersebar di 221 TPS dari 112 kampung yang ada di 20 Distrik, Kabupaten Boven Digoel.


Calon Bupati Boven Digoel Nomor Urut 01, Hengki Yaluwo, S.Sos mengimbau kepada seluruh tim sukses, relawan, simpatisan dan pendukungnya yang ada di 20 distrik dan 112 kampung di Kabupaten Boven Digoel untuk tetap tenang dan bersabar menunggu hasil penetapan KPU pada rekapitulasi dab rapat pleno penetapan tanggal 20-24 Juli 2021. Masyarakat pendukung diharapkan menghormati keputusan KPU dan Bawaslu selaku penyelenggara dan pengawas Pemilu.


“Kami sudah menandatangani pakta deklarasi damai dan pakta integritas untuk siap kalah dan siap menang, sehingga apa yang akan menjadi kewajiban KPU untuk menyampaikan kepada masyarakat melalui rapat pleno, siapa yang akan menang di PSU Boven Digoel, dialah bupati dan wakil bupati kami, baik Paslon 01, 02 maupun 03. Karena kami tiga paslon yang bertarung semua anak-anak Boven Digoel yang punya hati untuk Boven Digoel. Apapun hasil hasilnya kita siap menerima,” ajak Hengki di kediamannya di Tanah Merah, Minggu (18/7).

BACA JUGA:  Paslon Hengki-Lexi Peraih Suara Terbanyak PSU, Hasil Rekapitulasi KPU Boven Digoel


Hengki Yaluwo juga meminta masyarakat pendukung untuk tidak terlalu bereuforia dengan hasil yang ada dan tetap menjaga situasi keamanan (kamtibmas) di Kabupaten Boven Digoel tetap kondusif serta tidak terjadi gesekan antar pendukung/simpatisan. Dia mengingatkan, dalam pesta demokrasi perbedaan politik menjadi hal yang wajar, namun ketika Pilkada itu selesai semuanya musti bersatu untuk membangun daerah. Pihaknya akan membangun rekonsiliasi dan tali silaturahmi dengan kubu paslon 02 dan paslon 03.


“Demokrasi milik kita bersama. Siapa pun yang menang dan yang kalah akan kita rangkul. Kemenangan Hengki-Lexi adalah kemenangan Boven Digoel. Selanjutnya, meski hasil quick count sudah ada, tapi kita tetap menunggu hasil resmi dari KPU selaku penyelenggara Pemilu. Itu yang menentukan siapa yang akan memimpin Boven Digoel dari tiga paslon. Kami sama-sama menjaga keamanan Boven Digoel, kubu Paslon 01 harus tetap tenang sampai pleno penetapan dari KPU. Kami akan bangun rekonsiliasi dengan dua paslon 02 dan 03. Kami tetap jaga Boven Digoel tetap aman dan kami tidak membedakan suku, ras dan etnis di tanah ini. Jika KPU menentukan kami sebagai pemenang, maka kami akan rangkul semuanya untuk Boven Digoel lebih baik kedepan,” tegasnya.


Sementara itu, Calon Bupati Boven Digoel Nomor Urut 02, H Chaerul Anwar Natsir mengajak seluruh masyarakat untuk menyukseskan PSU Boven Digoel dengan menggunakan hak pilihnya di bilik suara. Masyarakat juga diminta untuk menjaga situasi keamanan (kamtibmas) agar tetap kondusif.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 banner 300250