TEKNOLOGI

Youtuber Shorts Indonesia Bisa Mendapatkan Gaji Sampai Rp 140 juta per Bulan!

cropped cnthijau.png
3
×

Youtuber Shorts Indonesia Bisa Mendapatkan Gaji Sampai Rp 140 juta per Bulan!

Share this article
Youtuber Shorts
Youtuber Shorts

Dalam rangka mendapatkan lebih banyak lagi kreator yang menggunakan fitur Shorts yang mirip dengan Reels dan juga TikTok, pihak Youtube melakukan cara khusus untuk mencapainya. Seperti apa Youtuber Shorts?

Cara yang digunakan, salah satunya adalah dengan memberi iming-iming dalam bentuk gaji dengan total sebesar 100 juta dollar Amerika Serikat. Atau jika dikonversi ke rupiah menjadi sebesar Rp 1,43 trilun. Program ini dinamai Shorts Fund oleh pihak Youtube.

ads

Sejumlah besar gaji ini, nantinya akan diberikan khusus kepada para kreator yang dalam jangka waktu tahun 2021-2022 membuat video paling banyak dilihat dan juga yang paling banyak menarik perhatian.

Pada Agustus ini, konten kreator Shorts yang berasal dari kurang lebih 10 negara akan mulai menerima sejumlah gaji tersebut yang berada pada kisaran 10.000 dollar Amerika Serikat. Atau setara dengan 1,4 juta sampai dengan 143,9  juta jika dalam rupiah.

10 negara awal yang akan diberikan kesempatan mendapatkan gaji dari Youtube diantaranya Rusia, Afrika Selatan, Meksiko, Amerika Serikat, Jepang, Brazil, India, Indonesia, dan beberapa negara lain yang masih menunggu keputusan dari pihak Youtube.

Nantinya, para kreator akan dikirimi pemberitahuan melalui Youtube tentang imbalan dari Shorts Fund ini. Bagi kamu yang merupakan salah satu kreator Shorts, diharapkan untuk sering mengecek notifikasi Youtube lantaran ada tenggat waktu yang diberikan untuk mengklaim gaji tersebut.

Jika melewati batas waktu klaim, maka kesempatan para kreator untuk mendapatkan gaji akan hangus.

Jordan yang merupakan TeamYoutube pada postingannya pada laman support Google mengatakan, “Mulai minggu depan, jika memenuhi syarat untuk mendapatkan imbalan/pembayaran dari Shorts Fund, kami akan mengirimkan notifikasi pada aplikasi Youtube untuk memberikan informasi mengenai metode penarikan dan total bonus yang didapatkan.”

“Para kreator memiliki tenggat waktu hingga tanggal 25 setiap bulan jika ingin mengklaim pembayaran bonus. Jika lebih dari itu, maka bonus tersebut dapat kadaluarsa,” lanjutnya.

Syarat Kreator Shorts Mendapatkan Gaji

Tentu, ada syarat yang harus dipenuhi oleh para kreator untuk mendapatkan bonus ini. Diantaranya:

1. Membuat video otentik yang bukan merupakan konten colongan dan bukan konten yang sudah pernah diupload ke media sosial.

2. Usia minimal 13 tahun ke atas.

3. Kreator Shorts harus sudah mengaitkan Youtube dengan akun adsense mereka.

4. Minimal memiliki satu video dalam 180 hari terakhir

Dengan ini, konten kreator Shorts bisa mendapatkan uang hingga jutaan rupiah atas hasil dari pembuatan konten yang dilakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *