TEKNOLOGI

Pengguna Google Maps di iPhone Mendapat Fitur Dark Mode

cropped cnthijau.png
5
×

Pengguna Google Maps di iPhone Mendapat Fitur Dark Mode

Share this article
Google Maps
Google Maps

Hari ini, Google telah resmi merilis dark mode atau fitur gelap  pada aplikasi Maps versi iPhone. Sebelumnya, fitur mode gelap ini hanya bisa dinikmati oleh para pengguna android saja. Untuk android, perilisan mode gelap bisa digunakan sejak bulan Februari yang lalu.

Seperti yang biasa diketahui, fitur dark mode bisa digunakan untuk mengoptimalkan kenyamanan mata saat membaca Google Maps. Dengan tampilan antarmuka dark mode, selain kenyamanan mata, penggunaan baterai dinilai bisa lebih hemat.

ads

Jika ingin mengaktifkan fitur mode gelap atau dark mode dalam Google Maps di iPhone, fitur tersebut tersedia dalam menu settings atau pengaturan yang ada di dalamnya.

Tampilan awal jika mode ini dipilih, akan diganti menjadi serba hitam. Tidak seperti sebelumnya yang memiliki tampilan cukup terang. Jalanan yang ditampilkan dalam maps, akan diubah menjadi warna abu-abu kebiruan yang menjadikannya sedikit lebih terang namun tetap tidak mengganggu kenyamanan mata.

Ada sedikit perbedaan tampilan Google Maps dark mode pada iPhone. Perbedaan maps pada iOS memiliki tampilan penanda situasi lalu lintas memiliki warna yang berbeda dengan Google Maps yang dipasang dalam perangkat android.

Penanda tersebut bisa dibaca sebagai berikut:

1. Warna merah : menandakan tingkat kemacetan yang sangat tinggi.

2. Warna kuning : menandakan bahwa ada sedikit kendala atau hambatan

3. Warna hijau : menandakan bahwa jalan dalam kondisi lancar dan tidak ada hambatan

4. Dst.

Tak hanya fitur dark-mode, fitur Google Maps dalam iOS juga diberikan fitur lainnya seperti fitur membagikan real time live location menggunakan aplikasi iMessage. Ada juga fitur widget teranyar yang masing-masing bisa digunakan untuk melihat ramai-tidaknya kondisi jalan.

Ada juga fitur widget yang bisa digunakan untuk mencari destinasi tertentu tanpa mengharuskan pengguna membuka Google Maps. 

Walaupun, ada hal yang perlu dicatat. Ketiga fitur baru yang akan diberikan pada pengguna Google Maps di iOS masih harus sedikit bersabar untuk bisa menikmati seluruh fitur terbaru yang akan diberikan ini.

Sebab fitur tersebut masih diturunkan secara bertahap ke sejumlah perangkat yang dilakukan oleh pihak Google. Namun, fitur ini menjadi angin segar bagi pengguna iPhone yang sebelumnya tidak mendapat fitur dark-mode atau mode gelap dalam aplikasi Maps yang dimiliki.

Dan tentu, setelah fitur ini resmi sudah bisa dipakai oleh pengguna iPhone, dengan segala fitur tambahan lain akan semakin membuat tingkat kenyamanan pengguna meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *