Inilah Tips Mudah Mengatasi Laptop Lemot

by -
Laptop Lemot
Laptop Lemot

fajarpapua.com – Salah satu masalah yang sering terjadi pada pengguna laptop adalah respon laptop yang lama atau biasa disebut lemot. Laptop yang lemot dapat disebabkan karena mempunyai kapasitas RAM yang kecil sementara data yang disimpan berjumlah sangat banyak.

Laptop dengan respon yang lama tentunya akan mengganggu kita dalam melakukan pekerjaan penting. Ditambah lagi, kamu akan sangat keteteran jika memiliki pekerjaan yang mendekati deadline.

Untuk mengatasi hal itu, kamu dapat melakukan beberapa tips mudah mengatasi laptop lemot dibawah ini:

  • Reset windows

Salah satu tips yang dapat kamu lakukan jika laptopmu lemot adalah dengan melakukan reset windows. Reset windows akan membantu laptop berada pada kondisi normal. Namun, sebelum melakukan reset windows, lakukan pencadangan (back up) data terlebih dahulu.

  • Hapus / pindahkan data

Salah satu penyebab dari laptop lemot adalah data yang terlalu banyak. Untuk itu, kamu perlu menghapus data yang tidak penting atau memindahkannya. Dengan berkurangnya penyimpanan, maka laptop dapat bekerja lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

  • Menambah kapasitas RAM

Opsi lain jika kamu tidak ingin menghapus / memindahkan data di laptop agar tidak lemot adalah dengan menambah kapasitas RAM. Namun, sebelum menambahkan kapasitas RAM sebaiknya perhatikan kapasitas maksimal RAM yang dapat digunakan pada laptopmu.

  • Gunakan cooling pad

Laptop yang lemot akan bekerja dengan keras hingga membuatnya cepat panas. Suhu panas pada laptop akan menambah tingkat slow respon laptop menjadi tinggi. Untuk itu, sebaiknya gunakan colling pad untuk menurunkan suhu laptop.

  • Mengganti memori HDD menjadi SSD

Tips ampuh yang dapat kamu lakukan jika laptop benar-benar lemot adalah dengan mengganti memori HDD menjadi SSD. Hardisk HDD memiliki kecepatan lebih lambat jika dibandingkan dengan penyimpanan SSD. Dengan beralih ke penyimpanan SSD, maka akan membantu proses booting  lebih cepat sehingga laptop tidak lemot lagi.

Itulah beberapa tips mengatasi laptop lemot yang dapat kamu praktikkan dirumah. Dengan melakukan beberapa tips diatas, kamu dapat mengerjakan tugas atau kerjaan dengan cepat tanpa mengalami slow respon pada laptop. Selamat mencoba!

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.