BERITA UTAMAMIMIKA

Polisi Amankan Puluhan Warga Saat Bentrok di Timika

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
7
×

Polisi Amankan Puluhan Warga Saat Bentrok di Timika

Share this article
Puluhan orang diamankan polisi saat bentrok antardua kelompok warga di sekitar Lapangan Jayanti, Jalan Yos Sudarso, Sempan, Timika, Sabtu (20/11/2021)
Puluhan orang diamankan polisi saat bentrok antardua kelompok warga di sekitar Lapangan Jayanti, Jalan Yos Sudarso, Sempan, Timika, Sabtu (20/11/2021)

Timika, fajarpapua.com – Aparat Kepolisian Resor Mimika, Papua mengamankan puluhan orang saat terjadi bentrok antar dua kelompok warga di sekitar Lapangan Jayanti, Sempan, Jalan Yos Sudarso Timika, Sabtu petang.

Kabag Ops Polres Mimika AKP Dionisius VD Paron Helan kepada wartawan di Timika, Sabtu, mengatakan bentrok warga yang masih satu suku itu pecah sejak Jumat (19/11) malam dan berlanjut pada Sabtu siang mulai pukul 14.30 WIT.

ads

“Mereka masih sesama suku, masih keluarga. Beberapa pelaku yang membawa senjata tajam sudah kami amankan,” kata Dionisius.

Untuk mencegah bentrokan berlanjut, aparat gabungan Satuan Reskrim, Satuan Intel, Satuan Binmas Polres Mimika dan Polsek Mimika Baru langsung memburu para pelaku hingga ke semak-semak di belakang Lapangan Jayanti, Sempan, Timika, meski saat itu Timika diguyur hujan lebat.

Puluhan warga yang diamankan langsung digelandang ke kantor pelayanan Polres Mimika untuk dimintai keterangan.

“Kami semua tim gabungan termasuk Kasat Reskrim, Kasat Binmas, Kasat Intel, Kapolsek Mimika Baru turun ke lapangan untuk mencegah tidak terjadi bentrok yang mengakibatkan jatuhnya korban. Anggota masih disiagakan di lokasi. Sesuai perintah pimpinan, siapapun melakukan perbuatan pidana dan melanggar hukum kita proses sesuai hukum yang berlaku di negara ini,” kata Dionisius menjelaskan.
Awal mula bentrok kedua kelompok warga itu dipicu oleh sengketa kepemilikan lahan di kawasan irigasi, dekat Pasar Sentral Timika.

Belum puas dengan bentrok pada Jumat (19/11) malam, sekelompok orang mendatangi beberapa tempat usaha di Jalan Yos Sudarso, depan Lapangan Jayanti, Sempan, Timika pada Sabtu siang lalu melakukan perusakan tempat-tempat usaha tersebut.

Terdapat tiga tempat usaha yang dirusak kelompok pelaku yaitu satu kios, warung makan dan bengkel serta satu rumah tinggal.

Informasi lapangan yang dihimpun, para pelaku dipimpin FR hendak mencari kelompok E. Namun setelah E tidak ditemukan, para pelaku merusak beberapa tempat usaha tersebut.

Tindakan main hakim sendiri para pelaku itu kontan saja membuat arus lalu lintas di Jalan Yos Sudarso, depan Lapangan Jayanti, Sempan, Timika macet total.

Suardi, pemilik kios yang juga dirusak mengatakan tidak terima tempat usahanya menjadi sasaran amukan para pelaku.

“Saya tidak terima karena tempat usaha saya dirusak. Saya ini tidak tahu apa-apa persoalan mereka tapi mengapa usaha saya jadi korban. Saya minta kepada polisi agar para pelaku ditangkap,” kata Suardi.

Ia memperlihatkan kaca, kulkas, etalase barang jualan miliknya yang hancur berantakan.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *