BERITA UTAMAMIMIKA

Jangan Sampai Warga Timika Terjebak, Akun FB “Pemberitahuan Pemblokiran” Curi Password Pengguna

cropped cnthijau.png
172
×

Jangan Sampai Warga Timika Terjebak, Akun FB “Pemberitahuan Pemblokiran” Curi Password Pengguna

Share this article
Akun Palsu pemberitahuan pemblokiran.
Akun Palsu pemberitahuan pemblokiran.

Timika, fajarpapua.com – Kejahatan dunia maya kian beragam. Banyak cara yang dilakukan para pelaku untuk meretas sekaligus memeras para korban.

ads

Saat ini, beberapa pegiat media sosial facebook Timika kedatangan tamu akun “Peringatan Pemblokiran”. Menggunakan metode Phising (halaman palsu) Akun tersebut mengarahkan para calon korban ke kanal situs tertentu yang merupakan jebakan untuk meretas data para korban.

Akun Facebook dengan nama “Pembritahuan Pemblokiran” membagikan foto profil dari pengguna dan menambahkan narasi seolah-olah pesan tersebut berasal dari tim Facebook tentang pemblokiran akun. Dalam pesan tersebut juga disematkan link untuk verifikasi pembatalan pemblokiran. 

Namun, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah melakukan penelusuran terhadap informasi tersebut.

“Hasilnya, informasi tersebut tidak benar atau hoaks. Diketahui tautan yang disematkan bukan merupakan domain resmi Facebook,” demikian penjelasan Kominfo seperti tertuang dalam laman kominfo. go.id.

Karenanya, jika ada akun peringatan pemblokiran, sebaiknya langsung dihapus. Bagikan berita ini kepada rekan atau keluarga agar tak ada korban dari aksi para pelaku.(ana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *