BERITA UTAMAINTERNASIONAL

Usai Rusuh Berdarah yang Menewaskan 2 Warga, Pengungsi Yahukimo Mulai Pulang

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
10
×

Usai Rusuh Berdarah yang Menewaskan 2 Warga, Pengungsi Yahukimo Mulai Pulang

Share this article
Tampak sejumlah pengungsi saat berada di Polres Yahukimo
Tampak sejumlah pengungsi saat berada di Polres Yahukimo

Jayapura, fajarpapua.com – Sejumlah warga yang mengungsi di Mapolres Yahukimo pasca kerusuhan berdarah beberapa hari lalu mulai kembali ke keluarganya masing-masing.

ads

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Yahukimo ABKP Deni Herdiana saat mengunjungi para pengungsi di Mapolres Yahukimo, Kamis (17/3/2022).

“Dari peristiwa unjuk rasa yang berakhir pada pembakaran ruko-ruko kemarin membuat warga yang berada di sekitar tempat kejadian terpaksa harus mengungsi sementara waktu,” ujar Kapolres Deni.

Kapolres menyebut, ada kurang lebih 200 orang yang mengungsi di Mapolres Yahukimo pada hari pertama kejadian. Pada saat terjadi kerusuhan personil mengevakuasi warga yang masih berada di seputaran ruko menuju Polres sekaligus dengan kendaraan milik warga untuk berlindung sementara.

Deni menuturkan, pada hari kedua sebagian pengungsi yang masih memiliki keluarga dan tempat tinggal tidak terbakar telah kembali dan membawa keluarganya pulang.

“Untuk saat ini pengungsi yang tersisa di Polres kurang lebih sekitar 50 orang,” kata Deni.

Selain itu, selama di pengungsian Polres Yahukimo melakukan upaya-upaya untuk menghilangkan trauma pada anak anak dengan melakukan trauma healing.

“Salah satu upaya yang kami lakukan bersama Satuan Binmas dan Satgas Binmas (Ops Damai Cartenz-2022) adalah dengan melakukan trauma healing dan ada beberapa iibu Bhayangkari kita yang memberikan sarana kontak kepada adik-adik kecil (anak-anak) yang berada di Polres,” ujar Kapolres.

Kapolres menambahkan untuk hal lainnya pihaknya tetap terbuka kepada masyarakat, apabila masih ingin tetap di Polres tidak ada batasan waktu dan jika para pengungsi sudah ada tempat tinggal atau keluarganya kepolisian akan membantu mengantar.

“Pada hari ini juga mereka ada yang kembali ke keluarganya masing-masing yang bersedia menampung. Kami dari Polres akan menyiapkan sarana transportasi untuk mengantar ke rumah keluarga masing-masing,” tandas Kapolres Yahukimo.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *