BERITA UTAMAMIMIKA

Kapolres Mimika Diganti, AKBP I Gusti Era Adhinata Duduki Jabatan Baru Wadirreskrimsus Polda Papua

cropped cnthijau.png
37
×

Kapolres Mimika Diganti, AKBP I Gusti Era Adhinata Duduki Jabatan Baru Wadirreskrimsus Polda Papua

Share this article
Postingan di akun facebook Adhinata Era
Postingan di akun facebook Adhinata Era

Timika, fajarpapua.com – AKBP I Gede Putra SIK, SH kabarnya akan dipercaya oleh pimpinan Polri menduduki jabatan sebagai Kapolres Mimika.

AKBP I Gede Putra akan mengambil tongkat komando dari AKBP I Gusti Gde Era Adhinata yang telah menjabat sejak 8 November 2019 menggantikan AKBP Agung Marlianto.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Dari informasi yang diterima fajarpapua.com, Kamis (14/4), AKBP I Gede Putra yang saat ini masih menjabat sebagai Danyon B Brimob Pelopor Polda Kalimantan Tengah dipercaya menjabat sebagai Kapolres Mimika karena memiliki pengalaman menjalankan tugas di daerah ini.

Seperti diketahui, dari catatan fajarpapua.com, sebelum menjabat dilingkungan Polda Kalimantan Tengah, AKBP I Gede Putra juga dipercaya menjabat sebagai Kaden B Brimob Polda Papua yang berkedudukan di Kabupaten Mimika.

Bahkan sebelumnya, Perwira Polri yang dikenal murah senyum dan humble tersebut juga dipercaya sebagai Kapolsek Mimika Baru.

Pengalaman bertugas AKBP I Gede Putra di Papua juga dinilai mumpuni karena tercatat juga pernah menjabat sebagai Kaden C Brimob Polda Papua yang berkedudukan di Nabire.

Bahkan karena pengalamannya yang lama mengabdi di Papua itu, AKBP I Gede Putra bersama personil Detasemen B Brimob Pelopor Polda Kalimantan Tengah dipercaya untuk melaksanakan bawah kendali operasi (BKO) pengamanan perhelatan PON XX Papua pada Oktober 2021 lalu.

Sementara AKBP I Gede Era Adhinata selepas menduduki jabatan Kapolres Mimika selanjutnya akan dipromosikan menduduki jabatan strategis di Mapolda Papua.

Informasi menyebutkan, Era Adhinata dipercaya oleh pimpinan Polri sebagai Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus (Wadirrekrimsus) Polda Papua.

AKBP I Gusti Gde Era Adhinata yang biasa disapa AKBP Era merupakan perwira polisi kelahiran Sulawesi Utara atau tepatnya di Manado, 1 Februari 1980.

Dari catatan yang dihimpun fajarpapua.com, AKBP Era memulai kariernya di Polda Kalimantan Timur (Kaltim) sejak lulus dari Akademi Kepolisian (Akpol).

Tahun 2002, dia menjabat Pamapta di Polres Bontang. Di Tahun 2005, AKBP Era dipercayakan menjabat Kapolsek Sangatta Polres Kutai Timur.

Selanjutnya pada 2006, bertugas sebagai Panit Sat 1 Resum Direktorat Reskrim Polda Kaltim dan di tahun yang sama ditunjuk sebagai Kepala Tim Penindak Detasemen 88 Anti Teror Polda Kaltim.

Pada Tahun 2008, AKBP Era dipindahkan tugaskan di Polda Papua, dengan menduduki jabatan Kasat Narkoba Polres Kota (Polresta) Jayapura.

Hanya setahun menduduki jabatan tersebut, Era kembali dipercayakan untuk menjabat Kasat Reskrim di Polresta Jayapura.

Dua tahun kemudian 2011, ditarik ke Polda Papua guna mengisi jabatan Kanit 1 Subdit III Jatanras Direktorat Reskrim Umum.

Kemudian Tahun 2016, AKBP Era dipercayakan menjabat Wakapolres Mimika.

Selanjutnya di Tahun hun 2017 ditarik ke Polres Kota Depok, Jawa Barat dengan menduduki jabatan Kasat Narkoba.

Setahun kemudian, pada 2018, Era ditarik ke Polda Metro Jaya sebagai penyidik Madya 4 Direktorat Reskrim Umum.

AKBP Era kemudian resmi menjabat sebagai Kapolres Mimika, menggantikan AKBP Agung Marlianto pada 8 November 2019. (mas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *