BERITA UTAMAMIMIKA

Sangat Mengancam, Belum Ada Laporan Hepatitis Misterius Masuk Timika, Ini Pernyataan Kadinkes

cropped cnthijau.png
5
×

Sangat Mengancam, Belum Ada Laporan Hepatitis Misterius Masuk Timika, Ini Pernyataan Kadinkes

Share this article
Reynold Ubra
Kepala Dinas Kesehatan Mimika, Reynold Ubra

Timika, fajarpapua.com – Penyakit hepatitis misterius yang banyak diderita anak-anak kini sudah masuk Indonesia. Bahkan penyakit ini sudah dikategorikan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), namun untuk Timika sendiri hingga kini belum ada laporan terkait kasus tersebut.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra dikonfirmasi Selasa (17/5) di ruang kerjanya.

ads

“Kami belum terima laporannya, sesungguhnya kalau mau dibilang kasus hepatitis di Mimika ini sebenarnya cukup banyak ya cukup banyak, tapi untuk yang kasus hepatitis sekarang kami belum terima laporan,” ujar Rey.

Dikatakan hepatitis itu juga penularannya sama seperti COVID-19, yang mana bisa menular melalui kontak bersama dengan orang satu rumah, memakai alat yang sama, bahkan ada yang melalui hubungan seksual seperti HIV dan IMS.

“Tapi kami tetap melakukan antisipasi atau kewaspadaan dini terhadap kasus tersebut,” katanya.

Diakui, penularannya bisa menular melalui droplet.

“Beda dengan negara di Eropa itu menjadi masalah karena sudah dieliminir sejak puluhan tahun, tapi kalau di Indonesia jika kita melakukan survei tetap ada. Jadi memang kita harus memilah secara spesifik sebelum memastikan apakah ini hepatitis yang tidak diketahui atau bukan,” jelasnya.

“Masyarakat gak perlu panik, saat ini yang perlu dilakukan adalah melakukan aktifitas yang bersih dan sehat,” tambahnya.(feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *