BERITA UTAMAMIMIKA

TP PKK Gelar Lomba Cipta Menu Bergizi dari Pangan Lokal, Bupati Mimika : Bisa Untuk Usaha Rumahan

cropped cnthijau.png
5
×

TP PKK Gelar Lomba Cipta Menu Bergizi dari Pangan Lokal, Bupati Mimika : Bisa Untuk Usaha Rumahan

Share this article
Bupati Mimika saat mengunjungi gerai Peserta Lomba
Bupati Mimika saat mengunjungi gerai Peserta Lomba

Timika, fajarpapua.com – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Mimika menggelar Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) pangan lokal tingkat PKK Distrik, Kelurahan dan Kampung dalam rangka memperingati Hari Kartini ke 143 Tahun 2022.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 36 kelompok berlangsung di Pendopo Rumah Negara, Jumat (27/5) dibuka oleh Bupati Mimika, Eltinus Omaleng.

ads

Wakil Ketua PKK, Pere Omaleng dalam sambutan mengatakan pentingnya membangun budaya keluarga dalam konsumsi menu beragam,bergizi, seimbang dan aman (B2SA) juga untuk memenuhi kebutuhan gizi serta meningkatkan imunitas keluarga.

“Selain itu juga olahan pangan lokal ini dapat meningkatkan ekonomi keluarga karena bisa juga untuk dibuat usaha rumahan, karena bahan lokal punya nilai tinggi,” ujarnya.

Sementara Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, pemerintah daerah terus dilakukan untuk menghasilkan SDM yang berkualitas dan unggul dengan meningkatkan perbaikan pola konsumsi menjadi lebih beragam.

“Konsumsi pangan dapat diwujudkan apabila pola konsumsi sehari-hari mengandung zat yang sesuai kebutuhan tubuh, konsumsi pangan yang berkualitas diharapkan dapat mengatasi gizi,” katanya.

“Salah satu masalah anak di Kabupaten Mimika yang menjadi perhatian pemerintah adalah stunting, ini juga merupakan tanggung jawab PKK untuk meningkatkan gizi terhadap anak melalui keluarga sejahtera,” lanjutnya.

Selain kurangnya gizi, terdapat juga kebanyakan gizi yang terkandung dalam karbohidrat, kebanyakan gula yang dapat menimbulkan berat badan berlebihan dan menjadi Obesitas yang rentan terhadap penyakit jantung dan lain-lain.

“Dengan memanfaatkan hasil alam yang dapat diproses mengandung banyak manfaat selain meningkatkan gizi terhadap anak juga dapat mensejahterakan ekonomi melalui pangan lokal dengan membuat usaha rumahan,” tutupnya. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *