BERITA UTAMAPAPUA

TPA Koya Koso Jayapura Terbakar, Api Sulit Dipadamkan Karena Berada di Ketinggian dan Terkendala Air

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
19
×

TPA Koya Koso Jayapura Terbakar, Api Sulit Dipadamkan Karena Berada di Ketinggian dan Terkendala Air

Share this article
IMG 20220605 WA0033
Tampak asap tebal di lokasi kebakaran TPA

Jayapura, fajarpapua.com– Kebakaran melanda Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Koya Koso, Kota Jayapura. Empat unit pemadam diturunkan ke lokasi.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Kebakaran di TPA yang berada di Koya Koso itu dilaporkan terjadi pada Sabtu (4/6) malam, hingga Minggu (5/6/2022) api masih terus menyala.

Kobaran api dengan mudah membakar akibat tumpukan sampah yang mulai mengering. Lokasi sampah yang berada di ketinggian membuat petugas kesulitan memadamkan api.

Selain itu, ketersediaan air di lokasi kebakaran tidak ada dan jauh sehingga petugas kesulitan untuk memadamkan kobaran api tersebut

Pjb Wali Kota Jayapura, Frans Pekey datang langsung ke lokasi kebakaran mengungkapkan telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait maupun semua pihak untuk mengatasi kebakaran yang terjadi di TPA Koya Koso tersebut.

“Hari ini kami lakukan kunjungan ke lokasi kebakaran TPA untuk melihat langsung bagaimana mengatasi api. Tadi telah sepakati bagaimana memadamkan api dengan armada pemadam dan Water Canon milik polisi, dan juga masalah persediaan air untuk melakukan pemadaman dengan meminta bantuan PDAM maupun pihak swasta,” kata Frans Pekey.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan melokalisasi dan mempersempit ruang kebakaran dengan menggunakan alat berat agar memudahkan pemadaman api.

Sambil menunggu api di TPA ini berhasil dipadamkan, maka pemerintah Kota Jayapura untuk sementara menyiapkan lokasi penampungan sampah sementara di Nafri karena sampah dari masyarakat di Kota Jayapura akan terus ada.

“Langkah yang kita ambil yaitu menyiapkan lokasi penampungan sampah sementara di TPA Nafri. Tadi kami pun sudah koordinasi dengan Ondoafi Nafri untuk penggunaan lahan itu kembali,” ujarnya.

Pjb Wali Kota Jayapura Frans Pekey menambahkan pihaknya juga akan membangun satu posko untuk semua unsur terkait untuk berdiskusi bagaimana kelambatan petugas dalam penanganan sampah dan kebakaran TPA tersebut sehingga api tidak meluas ke lokasi lain yang ada di dekat lokasi.

“Kita minta dukungan dari semua pihak untuk penanganan kebakaran TPA ini, agar pembuangan sampah tidak terhambat,” ungkapnya.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *