BERITA UTAMAPAPUA

GOW Berperan Meningkatkan Peran Serta Wanita Dalam Pembangunan Kabupaten Jayapura

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
5
×

GOW Berperan Meningkatkan Peran Serta Wanita Dalam Pembangunan Kabupaten Jayapura

Share this article
IMG 20220621 WA0054
Staf Ahli Bupati Jayapura, Alex Dusay saat membuka Raker GOW Kabupaten Jayapura.

Jayapura, fajarpapua.com– Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Jayapura dinilai telah mampu meningkatkan peran serta perempuan dalam pembangunan daerah.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Hal itu diungkapkan Staf Ahli Bupati Jayapura, Alex Dusay saat membuka Rapat Kerja (Raker) GOW Kabupaten Jayapura Tahun 2022 yang mengangkat topik “Kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura Dalam Pembinaan Perempuan Adat “ yang berlangsung di Sentani, Selasa (21/6).

Alex R. Dusay dalam kesempatan itu juga menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Raker GOW Kabupaten Jayapura Tahun 2022 yang diharapkan menghasilkan program yang handal

GOW lanjutnya telah ikut berperan serta dalam membantu pemerintah membangun Kabupaten Jayapura, sehingga program-program yang telah dilaksanakan terus ditingkatkan kedepan.

“Kegiatan perempuan di Kabupaten Jayapura ini sudah berjalan dengan baik serta semua program kerja yang telah di programkan GOW dalam membantu pemerintah harus dijalankan,” tutur Alex Dusay.

Ia mengajak peserta Raker bisa mengikuti kegiatan dengan baik agar dapat menghasilkan simpulan-simpulan strategis yang dapat menjadi acuan bagi penyusunan program pemberdayaan perempuan di Kabupaten Jayapura.

“Demikian pula program kerja yang akan disusun nantinya agar selaras dan sinkron dengan program pemerintah daerah, sehingga sinergitas antara pemerintah daerah dan organisasi wanita dapat terwujud,” jelasnya.

Sementara Ketua GOW Kabupaten Jayapura, Orpa Nari mengatakan pelaksanaan Raker kali ini bertujuan untuk membahas sejumlah program yang dilaksanakan selama 5 tahun yakni program jangka menengah dan jangka panjang.

“Tujuan Raker ini adalah agar seluruh perempuan di Kabupaten Jayapura bisa bersama-sama agar dapat mendapatkan sebuah ide yang akan dituangkan dalam rencana kerja selama 5 tahun kedepan,” ujarnya.

Sesuai dengan harapan Pemda Kabupaten Jayapura lanjutnya, program kerja yang disusun nantinya untuk membantu pemerintah daerah dalam membina perempuan dmadat di tingkat distrik maupun kampung.

Lanjutnya, rapat kerja diharapkan juga bisa memutuskan hal-hal yang berkaitan denga program termasuk rekomendasi-rekomendasi terkait kegiatan Kongres Aliansi Masyarakat Adat Busantara pada Oktober 2022 mendatang.

“Program Kongres Aliansi Masyarakat Adat Busantara ini harus didukung oleh GOW Kabupaten Jayapura maupun perempuan adat,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Jayapura, Miryam Saumilena, menyampaikan GOW Kabupaten Jayapura dalam Raker ini bisa menyusun rencana jangka menengah dan jangka panjang sesuai dengan visi misi Bupati Jayapura dalam masalah kesejahteraan keluarga, gender dan masalah kabupaten layak anak.

“Ibu-ibu yang ada di GOW punya peran penting bagaimana membuat keluarga itu sejahtera, ada kesetaraan perempuan antara laki-laki dan perempuan serta melihat masa depan anak ditingkat distrik dan kampung,”ucap Miryam.

Oleh karena itu harapnya, dalam Raker ini semua program yang berkaitan dengan pembangunan baik pendidikan , pengembangan ekonomi dan juga kesejahteraan masyarakat itu bisa terakomodir dalam program GOW.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *