BERITA UTAMAPAPUA

Pekan Olahraga Kabupaten Jayapura Siap Digelar 10-18 Juli 2022, Lima Venue PON Dijadikan Tempat Pertandingan

cropped cnthijau.png
4
×

Pekan Olahraga Kabupaten Jayapura Siap Digelar 10-18 Juli 2022, Lima Venue PON Dijadikan Tempat Pertandingan

Share this article
ae795be3 7d9b 41cb bc3d 746dd8223a8a
Ketua Porkab Kabupaten Jayapura, Rudy Bukanaung

Jayapura,fajarpapua.com – Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) II Kabupaten Jayapura siap digelar pada 10-18 Juli 2022 dengan mempertandingkan 17 cabang olahraga diikuti 19 Distrik.

“Pembukaan Porkab dilaksanakan pada Minggu 10 Juli 2022 di Stadion Barnabas Youwe (SBY) Sentani yang dibuka Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw,” tutur Ketua Porkab Kabupaten Jayapura, Rudy Bukanaung, Kamis (7/7).

ads

Menurut dia, untuk memastikan kesiapan pelaksanaan Porkab ini, pada tanggal 5 Juli 2022 telah melakukan pertemuan dengan Kontingen Distrik dan pengurus Cabor maupun Panpel serta panitia sudah siap melaksanakan pembukaan Porkab tersebut.

Dalam upacara pembukaan Porkab ini, lanjut dia, para kontingen akan diarak dari Kantor Bupati Jayapura ke Stadion SBY untuk mengikuti acara pembukaan yang dilaksanakan pada pukul 14.00 WIT.

Rudy Bukanaung mengatakan, untuk atlet yang terlibat yang sudah daftar 1.500 atlet, tetapi dari pengecekan data bidang pertandingan baru 50 persen sampai 60 persen yang ikut karena hingga saat ini panitia masih bekerja keras untuk mendata ulang peserta.

“Jadi total atlet, official, dan panpel yang ada sebanyak 2.300, dengan jumlah 17 cabang olahraga dari 23 cabang olahraga yang telah ditetapkan 6 diantaranya tidak diikutkan,” kata Rudy.

Dalam pekan olahraga kabupaten II ini, peserta yang paling banyak olahraga beregu seperti sepak bola dan olahraga lainnya, kemudian disusul dengan olahraga renang yang dilaksanakan di Yonif Raider 751 Sentani.

Rudy berharap melalui pelaksanaan Porkab II 2022 bisa mempersiapkan atlet Papua untuk menuju PON Aceh-Sumut 2024, selain itu altet Kabupaten Jayapura bisa juara umum dalam pekan olahraga provinsi yang akan digelar pada bulan November 2022 mendatang.

Ia menambahkan, pelaksanaan Porkab itu akan berlangsung di lima venue bersar yang ada di wilayah Kabupaten Jayapura, dan telah mengatur peserta agar tidak terjadi penumpukan pada saat pertandingan.

Dukungan Dana

Rudy mengungkapkan, untuk dukungan dana pelaksanaan Porkab tersebut panitiaa telah menerima dana sebesar Rp. 9 miliar lebih bersumber dari Menteri PKM RI sebesar Rp. 100 juta, Bank Papua Rp 250 juta dan dari Pemerintah Kabupaten Jayapura sebesar Rp 8 miliar.

“Kita harap dana yang ada ini akan dimaksimalkan untuk pelaksanaan Porkab ini sampai sukses nanti. Kita juga minta dukungan dari masyarakat Kabupaten Jayapura agar semua pertandingan bisa berjalan lancar.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *