BERITA UTAMAPAPUA

Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor dan FSRD ITB Luncurkan Buku Perahu Biak

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
6
×

Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor dan FSRD ITB Luncurkan Buku Perahu Biak

Share this article
IMG 20221002 WA0046
Foto: Istimewa Asisten II Setda Kabupaten Biak Numfor, Lot L. Yensenem saat peluncuran buku "Perahu Biak".

Biak, fajarpapua.com– Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor bekerjasama dengan Fakultas Seni Rupa dan Desan (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil menyusun buku soal perahu suku Biak.

Buku dengan judul “Perahu Biak” tersebut dilaunching atau diluncurkan di Asana Hotel Biak, Kamis (29/9) akhir pekan kemarin.

ads

Buku yang menceritakan tentang sejarah dan cerita tentang perahu Biak itu disusun berdasar kajian tim riset dari Fakultas Seni Rupa dan Desan (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB).

Buku Perahu Biak yang juga menceritakan tentang jejak kejayaan bahari ditulis oleh Dr. Ira Adriati, S.SN.,M.SN bersama Edison Randongkir.

Dalam pengantar peluncuran buku tersebut, Edison Randongkir mengatakn perahu ada dua macam, yakni Perahu Wairon dan Mansusu, lalu menjelaskan panjang lebar tentang arti sebuah perahu termasuk ukiran dan patung yang berada di tengah perahu.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih dan apreasi yang setinggi-tinggi kepada FSRD ITB dan Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor atas upaya dan kerjasamanya sehingga launching buku Perahu Biak dapat dilaksanakan,” kata Asisten II Setda Lot L. Yensenem, SE.,M.Si yang mewakili Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd.

“Kami percaya bahwa seluruh rangkaian penyusunan buku hingga launching adalah sebagai wujud kepedulian terhadap kemajuan pembangunan dan khususnya lagi untuk mendukung upaya-upaya pelestarian budaya Biak,” lanjutnya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *