BERITA UTAMAPAPUA

Bangunan Eks Puskesmas Sentani Dirobohkan, Dijadikan Ruang Terbuka Hijau

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
5
×

Bangunan Eks Puskesmas Sentani Dirobohkan, Dijadikan Ruang Terbuka Hijau

Share this article
IMG 20221010 WA0061
Foto: HSB Nampak sisa-sisa material bangunan bekas gedung Puskesmas Sentai usai dirobohkan.

Jayapura, fajarpapua.com- Pemerintah Kabupaten Jayapura membongkar sejumlah bangunan eks Puskesmas Sentani yang berada disekitar wilayah Bandara Sentani, Sabtu (8/10).

Bangunan itu dibongkar karena tak lagi digunakan atau difungsikan oleh pemerintah yang lahannya akan digunakan taman hijau.

ads

“Fungsi Puskesmas kan sudah dipindahkan ke Kemiri. Kita sudah bangun Puskesmas yang baru di Kota Sentani dan beberapa Puskesmas lainnya seperti di Komba, Doyo,”kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Hana Hikoyabi, Senin (10/10/2022).

Dirinya menyampaikan, gedung Puskesmas tersebut dirobohkan karena fungsinya sudah berubah ditempat-tempat yang sudah disediakan. Tujuan dari perobohan bagunan itu untuk menata lahan agar tidak jadi tempat maksiat anak-anak muda biasa mabuk-mabukan, nongkrong dan kegiatan negatif lainnya pada malam hari.

“Dari pada bangunan ini tidak ada penghuninya lagi, di jadikan sarang anak-anak mabuk makan kita robohkan supaya bisa ditertibkan, untuk kita alihkan ke fungsi tata ruang dan ruang terbuka hijau,”ujarnya.

Sekda menuturkan, lahan atau lokasi eks bagunan Puskesmas Sentani ini juga akan dimanfaatkan sebagai tempat pengadaan kuliner Nusantara dan juga pameran 10 tahun kepemimpinan Bupati Jayapura.

Lahan bangunan yang dirobohkan itu, nantinya juga akan digunakan sebagai lokasi menyambut kedatangan masyarakat adat Nusantara dalam pelaksanaan kongres KMAN VI yang berlangsung pada tanggal 24-30 Oktober 2022 mendatang di wilayah Tabi.

Sekda Hana Hikoyabi menambahkan, ruang terbuka hijau di wilayah Bandara Sentani ini dimulai dari SMP 1 sampai batas perumahan bandara yang berbatasan dengan ujung jalan Cargo.

“Ini sudah ada dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) maupun Rencana Pembangunan Daerah (RDP) sampai 2026. Makan ruang ini fungsinya untuk ruang terbuka hijau di depan Bandara Sentani,”tambahnya.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *