BERITA UTAMAPAPUA

Layani Kesehatan Masyarakat di Kampung Terpencil, Dinkes Kabupaten Jayapura Terjunkan Mobile Klinik

cropped cnthijau.png
8
×

Layani Kesehatan Masyarakat di Kampung Terpencil, Dinkes Kabupaten Jayapura Terjunkan Mobile Klinik

Share this article
fad57263 bc71 4493 8e68 0f28f2d87a2c
Foto: HSB Tim mobile klinik yang akan diterjunkan ke kampung terpencil untuk memberikan pelayanan kesehatan.

Jayapura, fajarpapua.com – Dinas kesehatan Kabupaten Jayapura menerjunkan mobile klinik atau layanan klinik keliling untuk melayani kesehatan masyarakat di wilayah kampung terpencil.

Tim kesehatan mobile klinik ini akan menempuh perjalanan darat dan juga menelusuri Sungai Mambramo dengan perahu untuk memberikan pelayanan di kampung-kampung terjauh di Kabupaten Jayapura

ads

Selain tenaga kesehatan, tim ini juga dilengkapi dengan alat-alat medis, obat-obatan serta memberikan makanan tambahan buat ibu hamil dan anak-anak.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Khairul Lie kepada fajarpapua.com, Rabu (12/10) mengatakan, layanan Mobile klinik ini melibatkan seluruh tenaga kesehatan yang terbagi dalam beberapa tim.

“Tim kesehatan yang turun terdiri dari dokter, bidan, gizi, perawat dan kesling. Kita langsung kirim mereka ke kampung-kampung terpencil selama satu minggu lebih untuk memberikan layanan kesehatan pada masyarakat yang jarang terjangkau oleh pelayanan kesehatan,”ujar Khairul Lie.

Khairul Lie berharap dengan pelayan kesehatan seperti ini, bisa membantu masyarakat mendapatkan layanan kesehatan.

Selain memberikan pelayanan kesehatan, kata Khairul Lie, petugas juga memberikan bantuan pada masyarakat seperti pakaian layak pakai meskipun bukan tugas dari Dinkes.

“Jadi sambil pergi ke kampung mereka juga bantu masyarakat akan kebutuhan pakaian agar masyarakat yang ada di daerah terpencil dan yang sulit dijangkau itu bisa dapat layanan dari pemerintah dibidang kesehatan,” lanjutnya lagi.

Dia menjelaskan, tim kesehatan ini akan mendatangi beberapa kampung yakni kampung Airu, Pagai, Ravenirara dan kampung yang berbatasan dengan Mambramo, dan mereka memberikan pelayan kesehatan, mendeteksi kesehatan masyarakat.

Khairul Lie menambahkan, tim kesehatan yang dikirim itu akan membuat laporan setelah tiba di masing-masing kampung tersebut.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *