BERITA UTAMAPAPUA

6 Pejabat Polda Papua Diganti, Tiga Kapolres Resmi Pindah Tugas

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
15
×

6 Pejabat Polda Papua Diganti, Tiga Kapolres Resmi Pindah Tugas

Share this article
IMG 20230103 WA0043
Kapolda Papua saat memimpin sertijab

Jayapura, fajarpapua.com– Di awal tahun 2023, Polda Papua mengganti sejumlah pejabat di jajarannya. Enam pejabat baru yang diganti tersebut menduduki jabatan penting.

Serah terima jabatan dilakukan oleh Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri di Aula Rastra Samara Polda Papua, Selasa (3/1/2023).

Ads

Ke-6 pejabat yang dirotasi yakni tiga pejabat utama Polda Papua dan 3 Kapolres. Adapun para pejabat yang melaksanakan serah terima yakni Kabid TIK Polda Papua yang sebelumnya dijabat Kombes Pol Erick Kadir Sully, memegang jabatan baru sebagai Karoops Polda Papua Barat dan digantikan oleh Kombes Pol. I Gusti Gede Era Adhinata, yang sebelumnya menjabat Wadir Reskrimsus Polda Papua.

Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid Humas Polda Papua memegang jabatan baru sebagai Kabagmitra Ropenmas Divhumas Mabes Polri Papua digantikan oleh Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo, yang sebelumnya menjabat Waka SPN Polda Papua.

Kemudian jabatan Kabid Keu yang sebelumnya dipegang oleh Kombes Pol Drs. Widianto Wahyu Nugroho memegang jabatan baru sebagai Kabidkeu Polda Riau dan digantikan oleh Kombes Pol Singgih Rachmanto, yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid Keu Polda Sulteng.

Sementara tiga pejabat utama lainnya adalah Kapolres yakni AKBP Adi Tri Widiyanto, dari Kapolres Biak Numfor diangkat sebagai Kabag RBP Rorena Polda Papua dan digantikan oleh AKBP Damianus Dedy Susanto, dari Kapolres Mappi.

AKBP Damianus Dedy Susanto, dari Kapolres Mappi diangkat sebagai Kapolres Biak Numfor dan digantikan oleh Kompol Yustinus Saranga Kadang, S.Sos. dari Kasubdit 2 Ditreskrimum Polda Papua.

AKBP Cahyo Sukarnito, dari Kapolres Pegunungan Bintang diangkat sebagai Kabagbinkar Ro SDM Polda Papua dan digantikan oleh AKBP Mohamad Dafi Bastomi, Pamen Polda Papua.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakiri mengatakan kegiatan serah terima jabatan dalam suatu organisasi merupakan bagian dari mekanisme dan dinamika organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan organisasi, memberikan kesejahteraan personel berupa peningkatan promosi jabatan dan menyiapkan regenerasi sehingga organisasi akan terus berjalan dan berkesinambungan.

“Atas nama kesatuan dan pribadi menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kinerja dan loyalitas yang baik kepada pejabat lama,” ujarnya.

“Saya yakin dengan bekal pengalaman bertugas selama di Polda Papua, saudara akan lebih sukses di tempat tugas yang baru, selanjutnya kepada pejabat yang baru saja dilantik, atas nama pribadi dan kesatuan saya ucapkan selamat atas kepercayaan pimpinan Polri dan promosi untuk menduduki jabatan baru sebagai Pejabat Utama dan Kapolres di jajaran Polda Papua,” ucapnya.

Ia menambahkan, di dalam negeri akan menghadapi perhelatan Pemilu, energi politik akan dicurahkan menghadapi tahun politik sehingga eskalasi kerawanan politik dan keamanan dalam negeri otomatis akan meningkat. Oleh karena itu butuhnya deteksi dini yang akurat.

“Polri memang tidak mengurus langsung urusan ekonomi dan politik. Namun peran Polri sebagai supporting sistem untuk ikut memastikan berbagai program strategis pemerintah berjalan baik di lapangan sangat diperlukan. Melalui peran seperti ini secara tidak langsung Polri bisa menjadi kekuatan pendukung, dan ikut menentukan tingkat keberhasilan program strategis pemerintah,” ujar Kapolda Fakhiri.

Ia mengharapkan agar para pejabat dapat menjabarkan sesuai dengan tugas pokok masing-masing serta mampu mengantisipasi dan mengatasi segala bentuk permasalahan keamanan yang terjadi di wilayah hukum Polda Papua.

“Jadikanlah serah terima jabatan ini sebagai momentum untuk memacu dan meningkatkan kembali semangat, disiplin dan etos kerja dalam pelaksanaan tugas di Polda Papua. Selamat Natal dan Tahun Baru 2023, semoga damai natal dan tahun baru ini bisa membawa kesuksesan bagi kita semua dalam menghadapi tantangan tugas kedepan untuk mewujudkan kamtibmas di tanah Papua yang aman, nyaman, damai dan kondusif,” tutupnya.

Dalam sertijab tersebut turut hadir Wakapolda Papua Brigjen Pol. Ramdani Hidayat, Ketua Bhayangkari Daerah Papua Ny. Eva Mathius Fakhiri, Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Papua Ny. Yuli Ramdani Hidayat, Irwasda Polda Papua Kombes Pol. Alfred Papare, beserta Para Pejabat Utama Polda Papua.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *